Implementasi model edukasi gizi berkelanjutan melalui Partisipatory Video pada santri di pondok pesantren Ibnu Aqil, Kabupaten Bogor

Andi Mukramin Yusuf, Assyifatun Nadia, Meidhina Rahmawati, Puteri Untari, Saskirani Ichsania Putri, Fatimah Zahra Alatas, Moh Fathkul Ehsan

Abstract


Pondok Pesantren Ibnu Aqil sebagai salah satu pondok pesantren di Bogor, Jawa Barat menghadapi dua permasalahan utama yaitu kurangnya pengetahuan terkait gizi seimbang dan gaya hidup sehat halal dan thayyib. Tujuan program ini yaitu, pertama melakukan kaderisasi santri dan menjadi komunitas sobat sehat dalam menyebarkan informasi tentang pentingnya gizi seimbang dan gaya hidup sehat halal dan thayyib. Kedua, mengoptimalkan media edukasi gizi yang telah dikembangkan sebelumnya dengan penambahan informasi dalam bentuk partisipatory video yang ditujukan kepada kader sobat sehat sebagai peer educator dan sasaran santri sebanyak 35 orang. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan, pendampingan, transfer iptek melalui pembuatan partisipatory video. Indikator capaian keberhasilan mencakup peningkatan pengetahuan gizi dan gaya hidup sehat di kalangan santri, partisipasi aktif kader sobat sehat. Hasil kegiatan menunjukkan pemberian edukasi tentang gizi seimbang dan Pangan Halal dan Thayyib menggunakan partisipatory video dapat meningkatkan pengetahuan santri. Sebelum adanya partisipatory video, 64% santri memiliki pengetahuan baik tentang gizi seimbang, meningkat menjadi 84% setelah menonton video. Begitupun dengan pengetahuan pangan halal dan thayyib meningkat dari 64% menjadi 84% setelah dilasanakannya program. Lingkungan sekolah dan keluarga diharapkan dapat mendukung keberlanjutan program di pesantren.

Kata kunci: Pangan Halal, Pangan Thayyib, Pola Gizi Seimbang, Pengetahuan, Santri.


Full Text:

PDF

References


Dewi, N. S. A. A. (2020). Kajian Kesadaran Konsumsi Pangan Halal Pada Pelajar SLTP. Indonesia Journal of Halal, 3(1), 69–73.

Indraswari, SH. 2019. Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Poster dan Kartu Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang di SDN Ploso 1-172 Surabaya. 14(2), 210-220.

Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58-64.

Kemenkes. (2023). Prevalensi Stunting di Indonesia Turun ke 21,6% dari 24,4%. Retrieved November 29, 2024, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230125/3142280/prevalensi-stunting-di-indonesia-turun-ke-216-dari-244/#:~:text=Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei,21%2C6%25 di 2022.

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NO 41 TAHUN 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang. In Kementerian Kesehatan (Vol. 1).

Kwon, E. J., & Kim, Y. J. (2017). What is fetal programming?: A lifetime health is under the control of in utero health. Obstetrics and Gynecology Science, 60(6), 506–519. https://doi.org/10.5468/ogs.2017.60.6.506

Khomsan, I. A. (2022). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi (Vol. 1). IPB Press.

Kustipia, R., Suparjo, A., & Sriastuti, M. (2017). Penerapan Edukasi Kantin Sekolah BERHAZI (Beragam-Halal-Bergizi) di Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya. In Prosiding Seminar Nasional Halal Awareness (Vol. 11).

Milne, E.J. and Mitchell, C. and de Lange, N (2012). Handbook of Participatory Video. AltaMira Press.

Nekada, C. D. Y., Mahendra, I. G. B., Rahil, N. R., & Amigo, T. A. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Penatalaksanaan Non Farmakoterapi Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Kader Di Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 200-209.

Nurfitriani, J., & Kurniasari, R. (2023). Edukasi gizi menggunakan media video animasi dan poster terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 503-506.

MUI. (2008). Panduan Umum Sistem Jaminan Halal. Jakarta: LPPOM-MUI.

Musdyaningwati, T. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pangan Halal Terhadap Sikap Keputusan Pembelian Produk Halal Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang. [Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang].

Puspa, A. R., Umami, Z., & Nurlatifah, H. (2023). Hubungan Pengetahuan Tentang Pangan Halal dan Thoyyib Dengan Kebiasaan Makan Mahasiswa Universitas Al-azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Sains Dan Teknologi, 8(3), 199–204.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.