Optimalisasi Literasi Dasar Siswa-Siswi Sekolah Dasar di Kampung Cahaya Melalui Kegiatan Membaca Kritis

Nurdiana Nurdiana, Iin Suryaningsih, Siti Rahmawati

Abstract


Literasi dasar keterampilan membaca dan menulis memainkan peran penting dalam pendidikan. Tanpa literasi dasar, siswa didik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran, sebagaimana yang terdapat pada anak-anak sekolah yang tinggal di Kampung Cahaya yang tidak memiliki keterampilan tersebut. Oleh karena itu, tiga dosen Universitas Al-Azhar Indonesia menyelenggarakan serangkaian kegiatan literasi dasar yang diintegrasikan ke dalam pengabdian masyarakat. Tujuannya adalah untuk membangun budaya literasi dasar. Pesertanya adalah anak-anak sekolah yang belajar di kelas empat, lima, dan enam sekolah dasar dengan jumlah 10 siswa. Kegiatan yang berupa pelatihan ini meliputi membaca beberapa bacaan dan menulis sebuah karangan. Kegiatan dibagi menjadi empat sesi: membaca satu, membaca dua, membaca tiga, dan yang terakhir menulis sebuah karangan. Pengabdian masyarakat tersebut berdampak baik pada literasi dasar anak-anak. Mereka mulai memiliki minat baca dan keterampilan membaca mereka tampak sedikit meningkat. Akan tetapi, keterampilan menulis mereka perlu ditingkatkan lebih lanjut. Ini menyiratkan bahwa pengabdian masyarakat yang lebih berfokus pada peningkatan literasi dasar sangat disarankan.

Kata kunci: Literasi Dasar, Sekolah Dasar, Kemahiran Menulis.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Arofa, L., Soe’oed, R., Mulawarman, W.G. (2023). Pengaruh kebiasaan membaca dan membaca cepat terhadap hasil belajar menulis ringkasan Sekolah Menengah Kejuruan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol. 3, No.2, hal. 103-118.

Dana, I.G. (2024). Membangun pundi-pundi minat baca masyarakat. Media Sains dan Informasi Perpustakaan (MSIP), Vol.4, No.2, hal. 90

Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2017). Pengaruh penggunaan media big book writing terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 9, No.1, hal. 21–32.

Naurah, N. (2023). Studi PISA 2022: Skor Literasi Membaca Indonesia Catatkan Rekor Terendah Sejak Tahun 2000 https://goodstats.id/article/studi-pisa-2022-skor-literasi-membaca-indonesia-catatkan-rekor-terendah-sejak-tahun-2000-Ekt0x, diakses tanggal 26 Oktober 2024

Oktavia, T.D., Kusbandrijo, B., Hartono, S. (2024). Implementasi program sudut baca dalam meningkatkan minat baca anak di Balai RW02 Kelurahan Menur Pumpungan. Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA), Vol.1, No.3, hal. 483-493

Qurritaini, L., Lestarti, M.D.W., Sumarni, L., Nurhikmah. (2024). Sosialisasi budaya iterasi bacaan di Kampung Pemulung Ciputat, Tangerang Selatan. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat, Vol.8, No.2, hal.99

Rokmana, Fitri, E.N., Andini, D.X., Misnawati, Nurachmana, A., Ramadhan, I.Y., Veniaty, S. (2023). Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Journal of Student Research, Vol.1, No.1, hal. 131

Safitri, R., Jamal, A., Rahmatia, S., Hermawan, D., Nashihin, M.I. (2024). Peningkatan kompetensi high order thinking skills guru Yayasan Pesantren Jam’iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui pembelajaran berbasis computational thinking. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia, Vol. 6, No.3, hal. 183

Saputri, A.E., Rochmiyati, S. (2024). Pemanfaatan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol.11, No.1, hal. 255-267

Soleha, I.M., Normaida, Fitrina, R., Sabarun, Mulyadi, Mahmudi, M.A.A. (2024). Pendampingan belajar membaca dan menulis bagi anak Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Kameloh Baru Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia, Vol. 6, No.2, hal. 86 https://www.diaryguru.com/2020/05/jenis-dan-contoh-soal-hots-higher-order.html,

Gromico, A. (2016). Mengenyam Manisnya Pendidikan Lewat Bilik Pintar. https://tirto.id/8Pu,

Putri, A.N., Asril, S. (2019). Kisah di Balik Bilik Pintar, "Sekolah" bagi Anak-anak Pemulung di Menteng Atas. https://megapolitan.kompas.com/read/2019/12/16/15445901/kisah-di-balik-bilik-pintar-sekolah-bagi-anak-anak-pemulung-di-menteng. www.bookbot.id

Khadafi, S. (2021). Kampung Pemulung di Tengah Kota Jakarta https://www.kompasiana.com/sadamkhadafi/610fedaf06310e38a77b96f2/kampung-pemulung-di-tengah-kota-jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.