Pemanfaatan Mesin Pengemasan Multifungsi Untuk Pengembangan UMKM Di Desa Pagelaran, Banten
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Pagelaran, Banten, dengan memanfaatkan teknologi pengemasan modern. Permasalahan utama yang dihadapi UMKM adalah keterbatasan dalam penggunaan teknologi pengemasan, yang berdampak pada rendahnya daya tahan produk selama distribusi dan kurang menariknya tampilan kemasan bagi konsumen. Untuk mengatasi kendala ini, dilakukan berbagai kegiatan, seperti analisis kebutuhan mitra UMKM, pelatihan teori dan praktik penggunaan mesin vacuum sealer serta continuous sealer, serta pendampingan dalam penerapan teknologi pengemasan. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan guna mengukur peningkatan pemahaman peserta terkait teknologi pengemasan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dari 91% menjadi 100%, serta peningkatan masa simpan produk dari 2-4 hari menjadi 5-7 hari. Selain itu, desain kemasan yang lebih menarik dan higienis meningkatkan daya tarik produk serta membantu UMKM memperluas jangkauan pasar hingga ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Penerapan teknologi pengemasan yang tepat terbukti berkontribusi pada peningkatan kualitas produk dan penguatan daya saing UMKM dalam jangka panjang. Oleh karena itu, diperlukan program pendampingan berkelanjutan serta dukungan dari berbagai pihak untuk memastikan inovasi pengemasan terus berkembang dan memberikan manfaat maksimal bagi UMKM.
Kata kunci: UMKM, Teknologi Pengemasan, Vacuum Sealer, Perluasan Pasar.
Full Text:
PDFReferences
Chomsatu, Y. (2023). Entrepreneurship Training : “Strategy To Increase Sales Through Attractive Product Packaging” At Umkm Desa Gumukrejo Teras Boyolali".
Emzain, Z. F., Qosim, N., Firdaus, A. H., Agustriyana, L., & Rizza, M. A. (2022). Peningkatan Kualitas Kemasan Produk menggunakan Mesin Pres Segel Plastik Otomatis di Komunitas UMKM Shingkara Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 343–351. doi: 10.37478/abdika.v2i4.2161
Emzain, Z. F., Harijono, A., Mufarrih, A., Hidayatinnisa, N., Viyus, V., Puspitasari, E., Amrullah, U. S., & Suyanta. (2023). The Utilization Of Automatic Plastic Seal Press Machines To Improve Product Packaging Quality Of Bread Entrepreneurs In Singosari, Malang. Retrieved from http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/issue/archive
Fildzah, J., & Nurhasanah, N. (2022). Sosialisasi Program Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital Demi Berkembangnya Usaha Makanan dan Minuman. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 1–4.
Grunert, K. G. (2005). Food quality and safety: Consumer perception and demand. European Review of Agricultural Economics, 32(3), 369–391. doi: 10.1093/eurrag/jbi011
Husniar, F., Sari, T. R., Safira, A. M., & Kamila, E. R. (2023). Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 22–34. doi: 10.55606/jurima.v3i2.2156
Mujadin, A., Samijayani, O. N., & Komalasari, E. (2022). [DM05] Penerapan Teknologi Tepat Guna Mesin Produksi Keripik UMKM Al Amaliah Cikidang Sukabumi (Desa Binaan UAI). In Kompleks Masjid Agung Al Azhar.
Octasylva, A. R. P., Yuliati, L. N., Hartoyo, H., & Soehadi, A. W. (2022). Innovativeness as the Key to MSMEs’ Performances. Sustainability (Switzerland), 14(11). doi: 10.3390/su14116429
Riezqyka, O., Wulandari, R., & Hidayat, T. (2024). Optimalisasi Peningkatan Blue Economy Masyarakat Berbasis Edupreneurship Produk Olahan Seafood Di Kampung Nelayan. 03(02), 60–65. Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/Setawar/index
Sigalingging, C., Sigalingging, R., & Khairani, S. (2024). Penerapan Teknologi Pengemasan Mengunakan Mesin Vacum Sealer Dan Countinuous Band Sealer Pada Produk UMKM Ladang Bambu. Siti Khairani Journal of Human And Education, 4(5), 1071.
Suwandi, S., & Badrianto, Y. (2023). The Role of Competitive Strategy and Green Supply Chain Management in MSME Performance. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(10), 2129–2133. doi: 10.55927/mudima.v3i10.6512
Wardojo, W. W., Ningtyas, D. S. R., Jovindra., Rosidah, K., Ahmadia, H. A., Royani, S., Setiawan, A. E., Illahi, R. A., & Nadhif Afkar Arifin, A. (2024). Pendampingan Dan Sosialisasi Alat Vacuum Sealer Dalam Usaha Peningkatan Umkm Lompya Duleg Di Desa Gatak Klaten.
Wulandari, R., Sari, A., & Utama, A. P. (2023). Education On Packaging And Branding Strategies To Improve The Performance Of Msmes In Cempaka Putih District In The Al Nisham Mosque Hall. ICCD, 5(1), 79–85. doi: 10.33068/iccd.v5i1.555
Yunus, M., (2021). The UMKM Product of Packaging Analysis as Selling Value in Entrepreneurship in Karo District. In Tourism, Hospitality and Culture Insights Journal (Vol. 1, Issue 1).
Yusnita, R., Tanjung, S. W., & Aisyah, S. (2022). Analysis Of The Strategy For Developing Msmes Of Banana Chips Food Supply Chai Journal Of Management, Accounting, General Finance And International Economic Issues (Marginal) Volume 1 Issue 4 (2022) https://ojs.transpublika.com/index.php/MARGINAL/article/view/247
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3534
Refbacks
- There are currently no refbacks.