Analisis Framing Pemberitaan Kesiapan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara di #SobatNusantara
Abstract
Salah satu proyek terbesar dan paling ambisius dalam sejarah Indonesia adalah pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) siap direlokasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) setelah proses pembangunan infrastruktur selesai. Hal ini dilakukan supaya ASN sebagai landasan administrasi publik, siap bekerja ketika pindah ke ibu kota baru. Tujuan penelitian untuk mengetahui konstruksi realitas relokasi IKN berkaitan dengan informasi yang ada di Instagram #SobatNusantara yang berisi informasi tentang kesiapan infrastruktur IKN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis framing Robert Entman. Pemberitaan terkait IKN diinterpretasikan melalui bingkai media, untuk melihat cara media mengkonstruksi realitas sosial yang terjadi. Model framing Robert Entman yaitu define problems diagnose causes, make moral judgement, treatment recommendation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis terhadap konten Instagram #SobatNusantara yaitu memberikan informasi kepada para ASN bahwa kebijakan untuk pemindahan ASN ke IKN disusun secara matang, infrastruktur IKN telah siap dengan fasilitas yang lengkap mulai dari unit hunian, prasarana pendukung, ruang kerja dan fasilitas kerja yang memadai untuk para ASN tinggal dan bekerja di IKN. Penyampaian informasi ini merupakan langkah efektif untuk memberikan keyakinan bagi para ASN untuk pindah dan bekerja di IKN.
Kata kunci: Aparatur Sipil Negara, Analisis Framing Entman, Ibu Kota Nusantara.
Full Text:
PDFReferences
Ratnaningsih E, Banjarnahor I. Comparative Study of the Legal Basis of Relocating the National Capital of Indonesia and South Korea in Fulfilling the SDGs Goals. E3S Web Conf [Internet]. 2023;426. Tersedia pada: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601 054.
Ningrum J, Nafiah I, Maurist Sitorus F, Pratita Rari F, Siti Maryamah I. Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara Terhadap Penduduk Dan Ketenagakerjaan Di Provinsi Jawa Barat (The Impact Of Capital City Displacement Towards Population And Labor In West Java Province). Jurnal Kependudukan Indonesia. 2020;15(Desember):133–44.
DJKN Kalimantan Barat K. Urgensi Pemindahan Ibu Kota Negara [Internet]. Vol. 1, Jakarta Pusat. 2022. Tersedia pada: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/auth/sign in?no-cache=0Gbnzvf2rWOqJR5KcdPu.
Sekilas Mengenai Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara [Internet]. 2023. Tersedia pada: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/auth/sign in?no-cache=wnQB9TPctXYdzNJDvfFb.
Lisna AD, Andung A. Framing Media Barat terhadap Pemindahan Ibu Kota Nusantara. 2022. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.1 94.
R1 Penyusunan Basic Design Siteplan Rumah Tapak Jabatan Menteri Di Kawasan West Residence KIPP IKN 3. 2022.
IBU KOTA NEGARA INDONESIA [Internet]. 2024. Tersedia pada: https://ikn.kompas.com/read/2024/08/09/13 0000187/1.000-asn-kementerian-pupr-siap- pindah-ke-ikn.
Ma’mun AR. Problematika Komunikasi Politik Pendanaan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. POLITICOS: Jurnal Politik dan Pemerintahan. 14 Maret 2023;3(1):1–16.
Kusumaningrum M. Memikat Asn Berkiprah Di Ibukota Nusantara Policy Brief Ringkasan Eksekutif [Internet]. Desember 2022. Tersedia pada: https://lan.go.id/.
Hasna S, Sunuantari M, Arianti G, Klicek T. CONSTRUCTION OF KOTA TUA AS CULTURAL HERITAGE AREA ON @KOTATUA.JKT ARTICLE INFO ABSTRACT. ASPIRATION Journal [Internet]. 2024;5(1). Tersedia pada: https://doi.org/10.56353/aspiration.v5i1.63.
Purba RT, Safitri D, Anindhita W, Negeri U, Jalan J, Raya RM, dkk. Pengaruh Terpaan Berita Ibu Kota Negara (Ikn) Di Media Online Kompas.Com Terhadap Sikap Mahasiswa. Maret 2023. Tersedia pada: www.kompas.com.
Saleh G, Pitriani R. Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi [Internet]. 28 Desember 2018;10(2):103–14. Tersedia pada: https://journal.untar.ac.id/index.php/komun ikasi/article/view/2673.
R8 10 Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia. 2024.
Tulung AA, Suskarwati SU, Abinta VC. Instagram Sebagai Media Government Public Relations Kementerian Komunikasi Dan Informatika Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Komunikasi dan Media. 2021;5(2).
Irza T, Tri WN, Bomaseta AN. Analisis Framing Pemberitaan Pemindahan Ibu Kota Negara Baru pada Media Online CNN Indonesia. Jurnal Audiens. 16 Februari 2023;4(1):12–24.
Entman RM, Matthes J. Nature, sources and effects of news framing. 2009; Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/2 81755007.
Malik RK. Polemik Jilbab Miftahul Jannah di Asian Para Games 2018 dalam Media Daring. Kalijaga Journal of Communication. 16 Mei 2019;1(1):53–68.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3521
Refbacks
- There are currently no refbacks.