Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Informasi dan Pengajaran Berbasis Computational Thinking Di Yayasan Jami’yyatul Mubtadi Cibayawak Banten
Abstract
Abstrak
Yayasan Jam’iyyatul Mubtadi Cibayawak (JMC), yang berlokasi di Lebak, Banten, memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan bagi masyarakat sekitar melalui unit-unit pendidikan seperti Aliyah, SMP, Diniyah, dan PAUD. Namun, Perangkat pengajaran guru di Yayasan Jam’iyyatul Mubtadi Cibayawak belum tersinkronisasi satu sama lain, belum adanya platform pengelolaan perangkat pembelajaran menjadi kendala dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan materi ajar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru melalui Learning Management System untuk pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi ajar berbasis Computational Thinking. Kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, dan evaluasi, dengan partisipasi 16 guru. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan guru untuk mengakses Learning Management System sebesar 100% dan pengetahuan tentang Computational Thinking sebesar 88% berdasarkan indikator ketersediaan Learning Management System serta ketersediaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi ajar sebesar (100%). Evaluasi kegiatan melalui kuesioner menunjukkan bahwa 94% guru menganggap Learning Management System penting sebagai media pembelajaran dan 69% merasa Learning Management System memudahkan pembelajaran.
Kata kunci: Computational Thinking, Digital, Learning Management System, Perangkat pembelajaran, Pesantren.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, N., & Daroin, A. (2022). Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 2548–2821.doi:10.30734/jpe.v9i1.1783.
Fibriasari, H., Andayani, W., Putri, T. T. A., & Harianja, N. (2023). Learning Management System Now and in The Future: Study Case from the Indonesian University Students. International Journal of Information and Education Technology, 13(1), 158–165. doi:10.18178/ijiet.2023.13.1.1791.
Fitriani, Y.(2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System Informatics and Computing. 4(2), 1-8. doi:10.52362/jisicom.v4i2.312.
Gusti, I., Wiragunawan, N., Negeri, S., & Selatan, K. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1),82-89.doi:10.51878/edutech.v2i1.981.
Hermawan, D., Safitri, R., & Rahmatia, S. (2024). Pelatihan Computational Thinking bagi Guru SMA Islam Terpadu Pesantren Nurrurrahman Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 1(1), 178. doi:10.36722/psn.v1i1.3268.
Kasumu, Rebecca. (2022). Learning Management System In Education: Benefits And Drawbacks. International Journal Of Trendy Research In Engineering And Technology, 7(1), 17-23. doi:10.54473/IJTRET.2022.7103.
Kovacs, G.-E., & Hari, H. (2022). The use of learning management systems in Transylvanian higher education institutions. Network Intelligence Studies, 10(20), 1-16.
Manggala, A., & Taufiq Satria Mukti. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Lms Edmodo Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Bagi Guru Madrasah Di Kecamatan Sumenep. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 911–924. doi:10.31316/jbm.v4i1.1716
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah DaSAR. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283–293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806
OECD. (2023, December 5). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. Retrieved from OECD website: https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Safitri, R., Jamal, A., Rahmatia, S., Hermawan, D., & Nashihin, M. I. (2024). Peningkatan Kompetensi Higher Order Thinking Skills Guru Yayasan Pesantren Jam’iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas al Azhar Indonesia, 6(3), 182-189.doi:10.36722/jpm.v6i3.2616.
Sari, M. (2017). The Role Of Learning Management Of Islamic Boarding School (Pesantren) In Improvement Of Their Students Religious Tolerance In West Java - Indonesia. International Journal of Innovation and Applied Studies, 19(1), 24–32.
Sary, Y., Martiano, Hutagalung, F. S., & Al-iksan, F. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Elearning Berbasis LMS Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran SMA Muhammadiyah 1 Dimasa Pandemi. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 293–300. doi:10.53695/jas.v3i2.712.
Setiaji, A., Wulandar, D. R., & Hadisuddin. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. e-Journal Kinesik. 9(1), 62-70. doi:10.22487/ejk.v9i1.337.
Wismiron, R. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023.
Wulandari, D. A., Soeprobowati, T. R., Nugraheni, D. K., & Wandy, W. (2023). A Study on the Usage of Learning Management Systems in Higher Education. Jurnal Teknologi, 16(2), 162–168
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3504
Refbacks
- There are currently no refbacks.