Peningkatan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Computational Thinking di SMP Jam'iyyatul Mubtadi Pagelaran Banten

Aurelia Putri Rezanaya(1*), Muhammad Faathir Ar Rahman(2), Riri Safitri(3), Suci Rahmatia(4),


(1) Universital Al-Azhar Indonesia
(2) Universital Al-Azhar Indonesia
(3) Universital Al-Azhar Indonesia
(4) Universital Al-Azhar Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjadi penting untuk mendukung siswa dalam menghadapi tantangan pendidikan global, khususnya hasil Programme for International Student Assessment (PISA) yang masih rendah di Indonesia. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan HOTS siswa melalui penerapan Computational Thinking (CT) di SMP Jam'iyyatul Mubtadi, Banten. Metode pelatihan meliputi pengenalan konsep CT seperti dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pola, disertai kegiatan interaktif seperti Unplugged Activity dengan alat Makey Makey. Selama tiga hari, siswa mengikuti sesi teori, diskusi kelompok, dan mini-challenge berbasis soal CT. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata skor pre-test sebesar 62,86% yang menurun menjadi 40% pada post-test akibat meningkatnya tingkat kesulitan soal. Meski demikian, terdapat peningkatan signifikan dalam pengenalan pola, meskipun konsep algoritma masih sulit dipahami siswa. Pelatihan ini memperkaya wawasan siswa tentang pentingnya berpikir logis dan sistematis, serta meningkatkan minat mereka terhadap teknologi dan pembelajaran berbasis CT. Untuk hasil yang lebih optimal, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam terhadap konsep yang lebih abstrak.

Kata kunci: Computational Thinking (CT), Higher Order Thinking Skills, Pelatihan, Pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Bebras Indonesia. (n.d.). Bebras Indonesia. Retrieved October 25, 2024, from https://bebras.or.id/v3/

Bebras Indonesia. (2024, October). Bebras Indonesia Book 2019 SMP (v. Okt. 2024) https://bebras.or.id/v3/wpcontent/uploads/2024/10/Bebras-Indonesia-Book-2019-SMP-v.Okt_.2024.pdf

Bebras Indonesia. (2024, October). Bebras Indonesia Book 2019 SD (v. Okt. 2024). https://bebras.or.id/v3/wpcontent/uploads/2024/10/Bebras-Indonesia-Book-2019-SD-v.Okt_.2024.pdf

Faulina, A. R. (2023) Computational Thinking: Pengertian, Tahapan, dan 4 Contohnya. Sekawan Media, Retrieved November 6, 2024 from https://www.sekawanmedia.co.id/blog/computational-thinking/

Makey Makey. (n.d.). Makey Makey – An invention kit for everyone. Retrieved October 25, 2024, from https://makeymakey.com/?srsltid=AfmBOorWGaPhuYjLh7Fk9JylLj51WbHIh0FC8w-AcgPhRkDCLUXCmYeq

Makey Makey. (n.d.). Fruit Catcher. Makey Makey Apps. Retrieved November 6, 2024, from https://apps.makeymakey.com/v2/#fruit%20catcher

Media Indonesia. (2023, December 18). Hasil PISA 2022: Refleksi mutu pendidikan nasional. *Media Indonesia*. Retrieved October 25, 2024, fromhttps://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu pendidikannasional2023#:~:text=HASIL%20penelitian%20Program%20for%20International%20Student%20Assessment%20%28PISA%29,skor%3B%20matematika%20%28379%29%2C%20sains%20%28398%29%2C%20dan%20membaca%20%28371%29

OECD. (2023). Programme for International Student Assessment (PISA). Retrieved October 25, 2024, from https://www.oecd.org/en/about/programmes/pisa.html

OECD. (n.d.-b). Country profile: Indonesia. Retrieved October 25, 2024, from https://www.oecd.org/en/countries/indonesia.html

OECD. (2023). PISA 2022 results: Volume I and II country notes - Indonesia. Retrieved October 25, 2024, from https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Safitri, R., Jamal, A., Rahmatia, S., Hermawan, D., & Nashihin, M. I. (2024). Peningkatan Kompetensi Higher Order Thinking Skills Guru Yayasan Pesantren Jam'iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking. Jurnal

Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6 (3), 182-189.

Safitri, R., Jamal, A., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2022). Pengenalan dan pelatihan computational thinking untuk guru dan siswa SD-SMP di Jabodetabek.

Quizizz. (n.d.). Quiz presentation. Quizizz. Retrieved November 6, 2024, from https://quizizz.com/admin/presentation/6713b5203a638949af80093b

Yusuf, M. H., & Syafrudin, M. (2023). Pengembangan alat evaluasi berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran computational thinking di sekolah. Collase: Journal of Computer Science Education, 6(2), 101-111. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12148/3846

Rahman, M. (2023). Hambatan dan tantangan siswa di era digital. Minor Rahman. Retrieved November 6, 2024, from https://minorrahman.sch.id/blog/hambatan-dan-tantangan-siswa-di-era-digital/




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.