Strategi Pengembangan Kemasan Produk untuk UMKM Di Desa Pagelaran, Banten
Abstract
UMKM di Pagelaran, Banten, saat ini hanya memasarkan produknya di sekitar wilayah desa. UMKM ini menghadapi tantangan berupa keterbatasan akses pemasaran digital dan desain kemasan yang kurang mendukung distribusi luas. Kegiatan ini bertujuan memperkuat pemasaran produk UMKM melalui pengembangan kemasan yang lebih menarik dan fungsional, agar produk dapat bersaing di pasar yang lebih luas, baik secara langsung maupun online. Tahapan pelaksanaan kegiatan terdiri dari persiapan, sosialisasi, perancangan logo dan label produk, serta evaluasi. Dalam tahap persiapan, koordinasi dengan pemilik UMKM dilakukan untuk menyusun rencana kegiatan. Tahap pelaksanaan mencakup sosialisasi pentingnya kemasan, pengumpulan data produk, dan perancangan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk, dilengkapi sesi desain logo dan label. Evaluasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 13 peserta sebelum dan sesudah kegiatan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan terkait kemasan. Hasil pelaksanaan abdimas menunjukkan peningkatan, yaitu pemahaman peserta terkait pentingnya kemasan meningkat dari 82% menjadi 100%, dan jumlah UMKM dengan logo produk bertambah dari 18% menjadi 100%. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kualitas dan daya tarik kemasan produk UMKM di Pagelaran, sehingga memperluas potensi pemasaran produk ke wilayah yang lebih luas.
Kata kunci: Branding, Desa Pagelaran, Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Kemasan.
References
Amri, A. (2024). PERANCANGAN LOGO UMKM CASPER BUE Pendahuluan Rumah BUMN atau disebut juga rumah kreatif bekasi di bentuk sebagai sarana dan. 2(2), 199–210.
Anjelia, S., & Hakim, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Pemasaran dari Segi Kemasan pada UMKM Sambel Sereh Mak Banih di Desa Purwamekar, Karawang. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 02(01), 2488.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20.
Arif, S., & Satrio, P. U. D. (2020). Redesain Logo dan Desain Kemasan Rumah Usaha Al Fitrah. Jurnal Seni Rupa, 9(3), 193–202.
Dusauw, E., Mangantar, M., & Pandowo, M. H. C. (2023). the Impact of Sensory Marketing on Consumer Behavior At Starbucks Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 138–146.
Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, September, 5–6.
Hayati, F., Zulvira, R., & Gistituati, N. (2021). Lembaga pendidikan: kebijakan dan pengambilan keputusan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 100.
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2), 84–89.
Millani, A. I., Layli, R. M., Putri, S. A., & Calvin, C. (2023). Pendampingan Umkm Kue Basah Di Kelurahan Gunung Anyar Melalui Desain Logo, Kemasan, Dan Merk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(04), 403–308.
Murnawan, Lestari. S., Samihardjo. R., & Sapanji. R.A.E. V. T., (2023). Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. 6(2), 490–499.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. IX(2), 127–136.
Sufaidah, S., Munawarah, M., Aminah, N., Prasastii, M. A., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.
Supriyadi. M. E., (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Kemasan Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 135–149.
Wardani, R. K., & Manalu, M. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian PadaMarketplace Shopee. Intelektiva, 3(4), 86–95.
Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 12–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3469
Refbacks
- There are currently no refbacks.