Pengaruh Affiliate Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulsive Buying pada Marketplace Lazada

Novia Rahmawati, Bambang Eko Samiono

Abstract


Peningkatan pengguna E-Commerce membuktikan tingginya masyarakat dalam berbelanja online, namun ternyata terdapat masalah pada perilaku keputusan pembelian di masyarakat Indonesia memiliki tendensi pembelian produk secara spontan yang disebut dengan Impulsive Buying yang cukup tinggi. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi dampak Sales Promotion dan Affiliate Marketing terhadap Impulsive Buying dengan mengkaji peran Customer Trust sebagai variabel intervening. Analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif dan faktor tanggapan survei. Metode kuantitatif dan analisis jalur (Path Analysis) digunakan sebagai metode analisis penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling yaitu metode nonprobability sampling. Seratus peserta dipilih berdasarkan kriteria sebagai sampel penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung variabel Affiliate Marketing dan Customer Trust terhadap Impulse Buying. Dan adanya pengaruh tidak langsung variabel Affiliate Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui variabel Customer Trust. Sementara jelas tidak ada pengaruh langsung Sales Promotion terhadap Impulse Buying.

Kata Kunci - Affiliate Marketing, Customer Trust, Impulsive Buying, Sales Promotion


Full Text:

PDF

References


Anggraini D, Azman HA, Hasanah NF, Febrian H, Sholihin A. Pengaruh Flash Sale dan Tagline “ Gratis Ongkir ” Shopee Terhadap Impulsive Buying Secara Online dengan Muslim Self-Control Sebagai Variabel Moderating ( Kajian Perspektif Ekonomi Islam ). J Ilm Ekon Islam 2023;9:618–29.

Andrean, Yuli C. Pengguna internet di Indonesia makin tinggi. IndonesiabaikId 2023.

Christy Esterina F. Prediksi Angka Pengguna E-commerce di indonesia 2024. TempoCo n.d.

Adi A. Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat Teknologi & Telekomunikasi. Databoks n.d.

Khoirul A. Shopee Affiliate Program Juarai Riset Snapchart. CNBC Indones n.d.

Cahyaningtya DMFPSRDA. Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Impluse Buying) Dengan Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pepaya Fresh Gallery Denpasar. J Ilm Manaj Dan Bisnis 2020;5:51–62.

Rinjani R. Populix Ungkap Sifat Masyarakat Indonesia saat Belanja Online: Impulsif. KumparanBISNIS n.d.

Samiono BE. Analisis Impulse Buying Pada E-Commerce B2C (Studi Kasus Pada Zalora.Com). Transformasi 2017;1:34–47.

Lireeh DF, Faizin M. Pengaruh Tiktok Affiliate Marketing Dan Kemudahan Akses Aplikasi Terhadap Impulse Buying Konsumen (Study Kasus Pada Anak Muda Di Kabupaten Ponorogo) 2023;3:394–402. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v3i2.2543.

Bestari K putri. Pengaruh promosi shopee affiliate, promosi below the line, dan positive emotion terhadap keputusan pembelian impulsif secara online (Studi kasus mahasiswa pengguna aplikasi shopee di UINSU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan., 2023.

Afifah N, Pebrianti W, Setiawan H, Author C. The influence of live streaming shopping, online customer reviews, and affiliate marketing on impulse buying through customer trust in e-commerce shopee. Ijafibs 2023;11:460–72.

Aryanti A, Andarini S. Pengaruh promosi penjualan dan konformitas melalui kepercayaan pelanggan terhadap perilaku impulse buying (studi pada generasi Z pengguna platform online food delivery Gofood di Surabaya). SEIKO J Manag Bus 2023;6:693–703. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3993.

Helmi S, Ariana S, Supardin L. The Role of Brand Image as a Mediation of The Effect of Advertising and Sales Promotion on Customer Purchase Decision. J Econ Sustain Dev 2022;13. https://doi.org/10.7176/JESD/13-8-09.

Anugrahita S, Samiono BE. ANALISIS hubungan In-Store promotion dengan impulse buying (studi kasus pada minimarket alfamidi ikarang). J Akuntansi, Keuangan, Dan Syariah AL-HISBAH 2015;2:26–67.

Maulana A, Mulyana M. Analisis Pengaruh Public Relation dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Pada Produk Starbucks di Kota Bogor. J Ilm Manaj Kesatuan 2020;8. https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.327.

Mulyati Y, Gesitera G. Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. J Maksipreneur Manaj Kop Dan Entrep 2020;9:170. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538.

Regina R, Rini ES, Sembiring BKF. The Effect of Online Customer Review and Promotion through E-Trust on the Purchase Decision of Bukalapakin Medan City. Int J Res Rev 2021;8. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210833.

Samiono BE. Purchase Intention Pada E-Commerce Model C2C Clasifred Dan Marketplace. Al Hisbah 2017;5:29–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.