Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Insomnia Jakarta
Abstract
Industri coffee shop di Indonesia berkembang pesat karena meningkatnya minat konsumen terhadap tempat berkumpul yang nyaman dan menarik. Persaingan bisnis yang tinggi di kota besar seperti Jakarta menuntut coffee shop untuk menerapkan strategi pemasaran efektif demi menarik dan mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Store Ambience, Instagram Marketing, dan Sales Promotions terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai variabel intervening di coffee shop Insomnia Jakarta. Data dari 160 responden dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik non probability sampling dan dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan Store Ambience (P=0.031) dan Sales Promotions (P=0.311) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Instagram Marketing (P=0.002) berpengaruh positif tapi tidak signifikan. Store Ambience (P=0.310) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap Brand Awareness, sementara Instagram Marketing (P=0.000) dan Sales Promotions (P=0.000) berpengaruh positif dan signifikan. Brand Awareness (P=0.000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, serta Brand Awareness memediasi pengaruh Instagram Marketing (P=0.002) dan Sales Promotions (P=0.000) secara signifikan, tapi tidak signifikan dalam memediasi pengaruh Store Ambience (P=0.344) terhadap Keputusan Pembelian.mKesimpulannya menekankan pentingnya menciptakan suasana toko yang menarik dan promosi penjualan yang efektif serta membangun kesadaran merek untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci - Brand Awareness, Instagram Marketing, Purchase Decision, Sales Promotions, Store Ambience
Full Text:
PDFReferences
Toffin dan MIX MarcoMM SWA. Toffin Indonesia Merilis Riset “2020 Brewing in Indonesia” [Internet]. 2019. Available from: https://insight.toffin.id/toffin-stories/toffin-indonesia-merilis-riset-2020-brewing-in-indonesia/
International Coffee Organization. Coffee Market Report July 2021 [Internet]. 2021. Available from: https://www.ico.org/documents/cy2020-21/cmr-0721-e.pdf
Snapcart. Indonesia’s Coffee Consumption Trends in 2023 [Internet]. 2023. Available from: https://snapcart.global/indonesias-coffee-consumption-trends-in-2023/
Kotler, P., & Keller KL. Marketing Management. Global 15. England: Pearson.; 2016.
Dhisasmito K. Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). Br Food J. 2020;
Azis, Y. M., Susanti, S. & T. Application of Regression Analysis in Reviewing the Effect of Store atmosphere on the Purchase Decision Process. Int J Bus Technol Manag. 2019;1(3):1–11.
Listono FIS, Sugiarto S. Pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening di Libereria Eatery. Manajemen Pemasaran Petra. 2015;1(1):1–9.
Anggoro, Y. Y., & Waluyo HD. Pengaruh Store Atmosphere, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Larissa Gallery & Workshop Pekalongan. J Ilmu Adm Bisnis. 2017;6(3).
Arifin S. Mengenal Instagram marketing, pengertian, manfaat dan tips suksesnya! [Internet]. 2023. Available from: https://www.gamelab.id/news/2393-mengenal-instagram-marketing-pengertian-manfaat-dan-tips suksesnya#:~:text=Instagram marketing adalah strategi pemasaran,menjangkau khalayak yang lebih luas.
Foroudi P, Melewar T.C GS. Linking Corporate Logo, Corporate Image, and Reputation: An Examination of Consumer Perceptions in The Financial Setting. 2014;
Nathania R. Sales promotion: definisi, tujuan, dan contohnya. 2024.
Ardiansyah, F., & Sarwoko E. How social media marketing influences consumers ’purchase decision ? A mediation analysis of brand awareness. JEMA J Ilm Bid Akunt Dan Manajemen,. 2020;17(2):156–8.
Ikhsani K& AH. Keputusan pembelian analisis kualitas produk, harga, dan brand awareness. 2017;
Kotler, P., & Armstrong G. Principles of Marketing. Prentice Hall. 2018;
Thia A. Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Hotel Mercure Bandung City [skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN Indones Mandiri. 2021;
Sembiring ESK, Bahrudin U. The influence of store attempt and sales promotion on consumer purchase decisions of Ramayana Department Store in Serang City. 2022.
Dandi L, Afwa A, Hasan H. Pengaruuh store atmosphere dan social media promotion terhadap keputusan pembelian pada coffee shop di Pekanbaru (studi kasus rehat coffee). J Apresiasi Ekon. 2023;11(1):158–66.
Novia F, Isyanto P, Romli AD. Pengaruh Store Atmosphere dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Konsumen ACE Hardware Indonesia, TBK. Cabang Technomart Karawang. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains). 2023;8(1):835.
Nofiawaty, Yuliandi B. Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen Bisnis Sriwijaya. 2014;2(1).
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee P. Retail Management A Strategic Approach. Pearson Ed. United States; 2018. 465 p.
So KKF, Wu L, Xiong L, King C. Brand management in the era of social media: social visibility of consumption and customer brand identification. J Travel Res. 2017;6.
Sari FR, Isharini IK. Pengaruh Sales Promotion Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. J Manaj Pemasar Dan Perilaku Konsum. 2024;03(1):47–55.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt M. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2nd ed. California, USA: Sage Publications; 2018.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt M. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 3rd ed. California, USA: Sage Publications.; 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3461
Refbacks
- There are currently no refbacks.