Pengembangan Karakter Santri Berbasis Psychososial Development: Psikoedukasi Guru Pondok Pesantren Bait Et-Tauhid Kota Serang

Muhammad Yudi Ali Akbar(1*), Anisa Rahmadani(2), Achmad Ushuluddin(3),


(1) Universitas Al-Azhar Indonesia
(2) Universitas Al-Azhar Indonesia
(3) Universitas Al-Azhar Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak 

Pengetahuan mengenai perkembangan sosial remaja menjadi salah satu faktor yang berkontribusi kepada keberhasilan pendidikan. Oleh karenanya, guru membutuhkan upaya peningkatan kapasitas keterampilan pemahaman peserta didik remaja, terutama karakteristik perkembangan psikososial. Sasaran kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah seluruh guru di Pondok Pesantren Bait et Tauhid Kota Serang, Banten. Tujuan dilakukannya pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemahaman guru berdasarkan perkembangan psikososial dari Erik Erikson. Perkembangan psikosisal dipilih sebagai kerangka pemberdayaan masyarakat untuk memberikan pemahaman faktor sosial yang berkontribusi terhadap perkembangan remaja. Metode yang digunakan adalah pelatihan psikoedukasi untuk guru di pondok pesantren dengan jumlah peserta 22 orang. Pengukuran keberhasilan intervensi dilakukan melalui pre-tes dan post-tes. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 65% dalam ranah kognitif dari psikoedukasi yang dilakukan. Kegiatan psikoedukasi yang diberikan kepada para guru di pondok, mampu memberikan peningkatan kapasitas pengetahuan dan pemahaman guru terkait karakteristik santri remaja. Hasil kegiatan juga menunjukkan bahwa 95% guru memiliki kapasitas untuk mengetahui dan mengidentifikasi karakteristik khas, seperti perubahan fisik, emosi, dan minat pada remaja.

Kata kunci: Guru, Pesantren, Psikoedukasi, Psikososial, Remaja.


Full Text:

PDF

References


Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177

Coelho, C. C. D. A. (2019). Among High School Adolescents. 21(1), 265–281. https://doi.org/10.5963/1980/6906/psicologia.v21n1p265-281

Fidesrinur., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i2.943

Harweli, D., & Aprison, W. (2024). Pesantren: Problematika dan Solusi Pengembangannya. Journal on Education, 06(02), 12058–12068.

Hutteman, R., Hennecke, M., Orth, U., Reitz, A. K., & Specht, J. (2014). Developmental Tasks as a Framework to Study Personality Development in Adulthood and Old Age. European Journal of Personality, 28(3), 267–278. https://doi.org/10.1002/per.1959

Ikral, Idi, A., Hawi, A., & Sandi, A. (2021). Analisis Kompetensi Tenaga Pendidik Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Qodratullah Desa Langkan Kabupaten Banyuasin. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 689–706. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1312

Jaworska, N., & MacQueen, G. (2015). Adolescence as a unique developmental period. Journal of Psychiatry and Neuroscience, 40(5), 291–293. https://doi.org/10.1503/jpn.150268

Khairani, & Maemonah. (2021). the Nature of Psychosocial Development in Early Childhood According. Jurnal KajianGender Dan Anak, 05(2), 151–161.

Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori psikososial Erik Erikson. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192.

Psychology, E., Ed, F., & Santrock, J. (2008). Educational psychology 4th edition santrock pdf. 41(Chapter 22), 2006–2008.

Putra, A. S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh Intervensi Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Achievement Goal Pada Kelompok Siswi Underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 254. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1514

Rahmadani, A., Nurfadilah, N., Rahmawati, S., Rahmadina, F. S., & Ramadanti, R. I. (2022). E-Peer Support: Dukungan Psikososial Teman Sebaya Bagi Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 247 Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(1), 39. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1767

Rahmadani, Arman Bin Anuar, & Imam Pribadi. (2023). Identifikasi Permasalahan Santri Melalui Instrumen Alat Ungkap Masalah Di Pondok Pesantren Kota Palopo. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 48–55. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5002

Romdoniyah., Dedih., & A. (2022). Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 01(02), 131–152.

Santrock, J. W. (2004). John w. santrock. 2002, 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.