Peningkatan Kompetensi Profesional Calon Pendidik PAUD di Saung Ilmu Desa Jampang
Abstract
Abstrak
Seiring dengan dirintisnya lembaga PAUD An Nahdoh, diperlukan kemampuan manajerial bagi guru PAUD untuk mengelola, memimpin, dan mengoordinasikan sumber daya dalam satuan PAUD. Dalam rangka menciptakan kemampuan manajerial tersebut, diperlukan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan terkait keterampilan mengelola kelas, manajemen penyelenggaraan PAUD, dan keterampilan mengajar. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan peningkatan kompetensi profesional calon pendidik PAUD An Nahdoh dan manajemen penyelenggaraan PAUD. Program ini dirancang untuk membekali calon pendidik PAUD dengan keterampilan profesional, pedagogis, dan manajerial yang diperlukan untuk mengajar dan mengelola lembaga PAUD secara efektif. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Saung Ilmu An Nahdoh berupa pelatihan dan pendampingan yang diikuti 2 Peserta. Hasil pemberdayaan masyarakat ini menunjukkan bahwa melalui program peningkatan kompetensi profesional ini, dua orang calon pendidik PAUD tidak hanya mendapatkan kemampuan mengajar yang lebih baik, tetapi juga mampu membuka peluang usaha baru di bidang pendidikan anak usia dini, seperti membuka kelas bimbingan belajar atau daycare. Kegiatan ini meningkatkan pengetahuan pendidik PAUD akan pentingnya PAUD sebesar 100%. serta meningkatkan Peningkatan pengetahuan tentang manajemen penyelenggaraan PAUD sebesar 100%.
Kata kunci: Calon pendidik PAUD, Desa Jampang, Kompetensi Profesional.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, Z., & Fitria, N. (2021). Implementasi Kompetensi Guru dalam Memberikan Kegiatan Keaksaraan Melalui Penggunaan “E-Book Keaksaraan.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 14. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.939
Arrafi, M. A., Aditya, M. A., Fahlifi, M. S., Ramadhani, Z. R., & Rohman, R. F. (2023). Etika, moral, dan akhlak. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 538–549.
Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Buku Saku. Balai Pustaka.
Dessy, F. (2020). Internalisasi 9 Pilar Karakter Bagi Anak Usia Dini. Pustaka Senja.
Ferdinand, G. R., Madallo, E., Palamba, R., Josua, R., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Jaya, U. A. (2019). Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Etika Kehidupan, 3–4.
Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Main Numerik Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(3), 152. https://doi.org/10.36722/sh.v7i3.1126
Fitria, N., Suwardi, S., & Amalia, R. M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Literasi dari Bahan Alam pada Saung Ilmu di Desa Jampang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 55. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1564
Ishak, I., Khairunnisa, F., & Nasution, F. (2023). Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Upaya Meningkatkan Akhlak Terpuji Dengan Nilai-Nilai Dalam Al-Quran). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(1), 44–58.
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112.
Permendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Permendikbud.
Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses. Yayasan kita menulis.
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815–830.
Tabrani za. (2018). Relasi Agama Sebagai Sistem Kepercayaan Dalam Dimensi Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan. ArRaniry, 5(1), 161–176.
Taani, R.Q (2022). Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat pendidikan dalam perspektif pendidikan islam. In UIN jember.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3406
Refbacks
- There are currently no refbacks.