Pengenalan Keterampilan Riset Pasar untuk Usaha Mikro di Kantin Mini An-Najah Desa Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat

Mitha Aulia, Ditha Riyansa, Iin Suryaningsih

Abstract


Program Pengabdian Masyarakat dilakukan di Kantin Mini An-Najah, Pondok Pesantren Al Amaliyah, Desa Cikidang-Sukabumi, Jawa Barat. Pondok Pesantren Al Amaliyah Desa Cikidang memiliki pemahaman tentang program Santripreneur dan kemajuan dalam memanfaatkan peluang ekonomi dengan mendirikan sebuah kantin. Rendahnya kemampuan tim dalam menganalisis produk, produk yang ditawarkan kurang variatif, dan kurang optimal dalam pemetaan jenis produk yang potensial dan berkelanjutan merupakan tantangan yang dihadapi oleh kantin tersebut. Tujuan dilaksanakan kegiatan abdimas ini adalah meningkatkan keterampilan pengelolaan kantin oleh pengelola melalui literasi dan implementasi keterampilan pendukung pembuatan instrumen riset pasar. Pelatihan diikuti oleh tim Kantin Mini An Najah yang berjumlah 9 orang. Batasan kegiatan abdimas ini adalah terfokus pada pengenalan pembuatan instrumen riset untuk kantin mini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara online dan offline dengan memberikan edukasi mengenai riset pasar serta keterampilan digital pendukungnya, seperti Microsoft 365 dan Copilot AI. Kegiatan abdimas yang telah dilakukan mencakup pelatihan dan penugasan pembuatan instrumen riset. Tahapan pada kegiatan ini yaitu groundbreaking, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan abdimas ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 89% pemahaman mitra mengenai materi riset pasar dan luaran yang dihasilkan mitra berupa rancangan instrumen riset pasar sederhana. 

Kata kunci: Kantin, Riset Pasar, Usaha Mikro.


Full Text:

PDF

References


Apriani, N., & Said, R. W. (2022). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 03(1), 2745–5939.

Arnu, A. P., (2023). OPEN ACCESS Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Bisnis pada Peserta UMKM Jabar Juara Tahun 2022 di Kabupaten Karawang Business Management Training and Assistance for MSMEs JABAR JUARA in 2022 in Karawang Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(3).

Erinda, A., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Pelanggan McDonald’s di Indonesia dan Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1). www.aboutmcdonalds.com

Haraharap, N. A., & Tambunan, K. (2022). UMKM DAN PEMBANGUNAN. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 228–235.

Khoiriyah, I. F., Aini, I. N., Triyani, I. D., Kumalasari, I. F., Dwi, I., & Ningtyas, K. (2024). Memanfaatkan Platform Digital: Pendampingan Strategi Pemasaran Live Streaming Memanfaatkan Platform Digital: Pendampingan Strategi Pemasaran Live Streaming TikTok untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Chocolazo Indonesia Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2986–5824.

Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4).

Marlina, A., & Cahyono, J. (2021). Strategi Riset Pasar Melalui Digital Marketing Untuk Mendukung Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Magersari Di Kawasan Baluwarti Surakarta. Jurnal SENTHONG, 4(2), 803–812.

Munthe, A., Yarham, M., & Siregar, R. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMAK), 2(3).

Nisa, C., Faradila, D., & Rohayati, F. (2023). Manajemen Pengelolaan Kantin Sehat SD Muhammadiyah 22 Surakarta. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3).

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 34–40.

Raisa, A., Mawaddah, I., Melati, R., & Sarah Maesaroh, S. (2024). Analisis Pengalaman UMKM Makanan dan Minuman dalam Mengimplementasikan Sistem QRIS di Jawa Barat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6701–6710.

Rimadias, S., Andrew, Tansuri,V., Febrianto, N., Christian, A., & Kevin Timothy, K., (2023). Peningkatan Usaha UMKM Kantin Yen Yen melalui Digital Marketing dan Pencatatan Keuangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 134–138.

Sudirjo, F., Harto, B., Fauzan, R., Hapsara, O., Mohammad, A., Adzka, W., Tri, R. S., Putra, A. E., & Nuryadi, A. M. (2023). RISET PEMASARAN (Vol. 146, pp. 1–146).

Suryaningsih, I., Anggraini, S., Ulum, B., & Wulandari, P. (2022). Perberdayaan Santri Pondok Pesantren Al-Amaliah Desa Cikidang-Sukabumi dalam Pengembangan Potensi Wirausaha melalui “Cipta Kantin Mini An-Najah.” Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1).

Suryaningsih, I., Anggraini, S., Wulandari, P., Ulum, B., & Rahmawati, S. (2023). Santripreneur Ponpes Al-Amaliyah; Mencipta Kantin Kolaboratif antara Santri dan Guru. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1).

Wijiyanti, M., Purwinarti, T., & Hadikusuma, R. (2014). Riset Perilaku Konsumen Sebagai Bagian Dari Riset Pemasaran. Epigram, 11(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.