Peningkatan Kapasitas Orangtua dalam Upaya Mengurangi Pemakaian Gawai pada Anak
Abstract
Gawai menjadi satu alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan dari penggunanya, baik kalangan orangtua, dewasa, hingga anak-anak, termasuk anak usia dini. Penggunaannya semakin besar sejak terjadinya pandemi, dimana aktivitas banyak dilakukan di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Penggunaan gawai dalam waktu yang lama setiap harinya tentu akan berdampak negatif, terlebih pada anak usia dini yang sedang dalam masa perkembangan. Banyak stimulasi yang seharusnya diterima anak menjadi berkurang, demikian pula dalam hal menjalankan aktivitas hariannya. Anak akan asyik dengan dunianya bersama gawai yang dapat menyebabkan aspek perkembangan nya menjadi terhambat, baik aspek perkembangan kognitif, bahasa, sosial emosional, maupun fisik motoriknya. Agar anak tetap mendapatkan stimulasi pendidikan yang tepat maka orangtua perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk dapat mendampingi anak-anaknya selama belajar dari rumah. Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas orang tua agar dapat mengurangi pemakaian gawai pada anak selama belajar dari rumah. Mitra kegiatan ini adalah Pos PAUD Kuntum Mekar RW.21 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Peserta kegiatan adalah 10 orangtua yang menyekolahkan anak-anaknya di pos PAUD tersebut. Metode pelaksanaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan adalah melalui kegiatan sosialisasi mengenai perkembangan anak, pelatihan mengenai cara membuat alat permainan edukatif (APE), dan pendampingan pembuatan APE tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kapasitas yang ditandai dengan peningkatan pengetahuan orangtua mengenai perkembangan anak serta peningkatan kemampuan orangtua dalam membuat APE.
Kata kunci: anak usia dini, alat permainan edukatif, orang tua, peningkatan kapasitas
Full Text:
PDFReferences
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana publishing.
Kusuma, T.C., Listiana, H. (2021). Pengembangan Pembuatan APE Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013. Jakarta.
Rihlah, J., Shari, D., Ayu Rizki Anggraeni 2021. Jurnal Pendidikan Early Childhood,Vo.5 No.1.
Sudono, A. (2011). Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Suryati. (2020). Taujihat Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1).
https://www.kominfo.go.id/ diakses pada Minggu, 14 November 2021 jam 05:25
https://savethechildren.or.id/ diakses pada Minggu, 14 November 2021 jam 05:36
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3275
Refbacks
- There are currently no refbacks.