Coding for Kids: Belajar Coding dengan Blockly Programming untuk Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Anak-Anak
Abstract
Literasi digital merupakan suatu kebutuhan yang harus dikuasai oleh setiap anak di masa mendatang, sama halnya seperti membaca, menulis dan berhitung di saat ini. Belajar coding sebagai salah satu bagian dari literasi digital bukan hanya untuk menciptakan suatu aplikasi namun juga belajar logika, penyelesaian masalah (problem solving), dan kreativitas. Setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajari dan menguasai teknologi, belajar coding, menguasai algoritma untuk memupuk kreativitas dan keterampilan menyelesaikan masalah yang akan sangat berguna di masa depan, khususnya di era industri 4.0. Pelatihan Coding for Kids ini ini dilakukan untuk melatih kemampuan logika, problem solving dan meningkatkan kreatifitas anak dalam meyelesaikan masalah melalui simulasi Blockly/ puzzle yang sederhana, menarik dan interaktif. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta setelah mengikuti pelatihan sebesar 31% dari rata-rata skor awal 4538 menjadi 5938. Hal ini sejalan dengan hasil evaluasi melalui survey kepuasan peserta. Sebagian besar peserta sangat puas dengan pelaksanaan kegiatan ini, terlihat dari rata-rata persentase jawaban adalah 94%. Hasil ini diperkuat dengan respon positif dari orang tua yang mendampingi peserta pada saat pelatihan, dengan rata-rata persentase sebesar 97%. Disamping itu, kegiatan ini meningkatkan rasa percaya diri anak dalam merumuskan, menyampaikan dan mewujudukan ide kreatif mereka.
Kata kunci: Literasi Digital, Problem Solving, Coding, Anak-Anak, Pemrograman
Full Text:
PDFReferences
Bawden, D. 2001. Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218-259. DOI: 10.1108/EUM0000000007083. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/235266224_Information_and_digital_literacies_a_review_of_concepts Desember 2021.
CNN Indonesia "Kurikulum Baru Kemendikbud: Informatika Jadi Pelajaran Wajib" Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200921171044-20-549040/kurikulum-baru-kemendikbud-informatika-jadi-pelajaran-wajib Desember 2021.
Douglas A.J Belshaw. 2011. What is digital literacy? A Pragmatic investigation, p.90. Thesis. United Kingdom. Diakses dari https://clalliance.org/wp-content/uploads/files/doug-belshaw-edd-thesis-final.pdf Desember 2021.
Grasshopper. What is Coding. Diakses dari https://grasshopper.app/why-coding/ Desember 2021.
INews.id. 2020. Jokowi: Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital dalam 15 Tahun ke Depan, Diakses dari: https://www.inews.id/finance/bisnis/jokowi-indonesia-butuh-9-juta-talenta-digital-dalam-15-tahun-ke-depan. Desember 2021.
J. Cuny, L. Snyder, and J. M. Wing. Demystifying Computational Thinking for Non-Computer Scientists, 2010. Diakses dari: https://www.cs.cmu.edu/~CompThink/resources/TheLinkWing.pdf Desember 2021.
Peter J. Denning. The Great Principles of Computing. American Scientist. Diakses dari: https://www.americanscientist.org/article/the-great-principles-of-computing Desember 2021.
Safiitri, Riri, Ade Jamal dkk. Pengenalan dan Pelatihan Pemrograman Dasar Blockly kepada Siswa Al Azhar 1, 2 dan 3. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia. Vol 1 No 1.2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3273
Refbacks
- There are currently no refbacks.