Sosialisasi Penerapan Budaya Kerja 5S untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja di PT. Seantero Pangestu

Cut Shity Fatimah Zhahra, Nunung Nurhasanah

Abstract


Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin penting yang harus diwujudkan atau dilaksanakan oleh seorang mahasiswa. Ketiga poin tersebut diantaranya adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Kuliah kerja nyata ini merupakan salah satu perwujudan dari ketiga poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan kuliah kerja nyata dilakukan dengan bentuk kegiatan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan suatu informasi dan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Kegiatan ini dilakukan di PT. Seantero Pangestu. Pandemi covid-19 merubah segala aspek kehidupan, semua orang terdampak oleh munculnya pandemi covid-19 baik yang berdampak baik ataupun buruk. Salah satu aspek yang terdampak yaitu perusahaan, dimana banyak berita terjadinya kebangkrutan yang disebabkan oleh pandemi covid-19 ini. Banyak perusahaan pula yang mengeluhkan terjadinya penurunan produktivitas dan kinerja pekerja dan perusahaan yang disebabkan diantaranya karena munculnya regulasi baru terkait covid-19 yaitu PSBB/PPKM, work from home selain itu dapat pula disebabkan karena kurangnya kedisiplinan pekerja dan lingkungan atau budaya kerja yang buruk pada perusahaan. 5S sendiri merupakan suatu budaya kerja Jepang yang sudah terbukti dapat meningkatkan produktivitas dari pekerja. Kegiatan sosialisasi penerapan budaya kerja 5S ini disampaikan kepada pekerja dan berdampak positif berdasarkan hasil kuesioner setelah kegiatan sosialisasi dilakukan. Ditandai dengan para pekerja memahami akan materi yang disampaikan dan tertarik untuk menerapkan budaya kerja 5S di tempat kerja. Penerapan budaya ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari pekerja.

Kata Kunci: Implementasi 5S, Kinerja perusahaan, Produktivitas pekerja, Sosialisasi budaya kerja 

Full Text:

PDF

References


Putra, B. H., & Haryadi, B. (2014). Analisis Prinsip Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Setsuke) Pada CV. Kokoh Bersatu Plastik, Surabaya. Agora, 2(2), 723–730. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/1989

Qowim, M., Mahbubah, N. A., & Fathoni, M. Z. (2020). Penerapan 5S Pada Divisi Gudang (Studi Kasus Pt. Sumber Urip Sejati). JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 1(1), 49. https://doi.org/10.30587/justicb.v1i1.2032

Soesilo, R. (2017). Implementasi Kaizen Dan 5S Pada Pengeringan Produk Di. Jurnal Teknik Industri, 18(02), 121–126.

Supriyanto, A., Atma, S., & Surakarta, B. (2014). Pengaruh Sikap Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Terhadap Produktivitas. Riset Manajemen Dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 5(9), 23–31.

Suwondo, C. (2012). Penerapan Budaya Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) di Indonesia. Jurnal MAGISTER MANAJEMEN, 1(1), 29–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.