Pelatihan Teknologi Dasar yang Efektif dan Menarik Serta Edukasi Akan Pentingnya Kesehatan Mata

Galuh Ardhia Prameswary, Nunung Nurhasanah

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan sekaligus penelitian yang menempatkan mahasiswa di luar kampus untuk berfikir. Kegiatan ini dilakukan pada lingkungan masyarakat Puri Serpong 1 RT/RW 005/002, Kec. Setu, Kel. Setu, Tangerang Selatan. Karang Taruna adalah organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Permasalahan yang ada pada lingkungan masyarakat ini adalah selama masa pandemi Covid-19, segala kegiatan yang pada umumnya dilakukan secara langsung atau luring diubah menjadi kegiatan tatap muka secara daring, membuat masyarakat harus sadar akan teknologi dan banyak kondisi membuat para masyarakat telah menghabiskan waktu yang lama di depan layar komputer. Menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan kesehatan mata terganggu. Pada permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan edukasi akan pentingnya kesehatan mata dan pencegahan apa yang dapat dilakukan untuk membuat mata tetap sehat. Kuliah kerja nyata ini mengharapkan para pemuda di lingkungan tersebut sadar akan teknologi, mengenal dan meningkatkan kemampuan para pemuda bagaimana penggunaan Ms. Word, MS. Excel, Canva, dan Zoom. Kegiatan pelatihan ini berdampak positif dari hasil kuesioner dan para pemuda telah memahami materi dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: Teknologi dasar, kesehatan mata, kuliah kerja nyata, kelompok pemuda


Full Text:

PDF

References


Tuwoso. (2012). “Pendidikan Teknologi Dasar Sebagai Alternatif Pendidikan Pra-Vokasional di Skolah Menengah Pertama (SMP),” J. Tek. Mesin, vol. 20, no. 1, pp. 62–70.

Al Umar, A. U. A. Savitri, A. S. N. Pradani, Y. S. Mutohar, and Khamid, N. (2021). “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Iain Salatiga KKN 2021),” E-Amal J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 39–47.

Mata, K (2014). “Intensitas Pencahayaan Dan Kelainan Refraksi Mata Terhadap Kelelahan Mata,” KEMAS J. Kesehat. Masy., vol. 9, no. 2, pp. 131–136, doi: 10.15294/kemas.v9i2.2840.

Sari, D. D. Hasyim, A. and Nurmalisa, Y. “Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Pemuda Kelurahan Margodadi,” pp. 1–12, 1375.

Sari, R. Fitriyani, A. and Prabandari, R. D. (2020). “Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. UBJ, vol. 3, no. 2, pp. 95–104, doi: 10.31599/jabdimas.v3i2.184.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.