Pelatihan Computational Thinking bagi Guru SMA Islam Terpadu Pesantren Nurrurrahman Kota Depok

Denny Hermawan, Riri Safitri, Suci Rahmatia

Abstract


Computational Thinking (CT) merupakan kemampuan dasar yang wajid dikuasai oleh semua orang di semua bidang saat ini. CT merupakan perpaduan antara berfikir kritis dan pemanfaatan kekuatan komputasi/informatika. Di era permasalahan yang kompleks kemampuan CT sangat diperlukan sehingga harus dilatih dan diberikan di sekolah. SMAIT Pesantren Nururrahman Depok memerlukan pelatihan ini untuk para guru dalam melakukan transformasi digital di sekolah. Pelatihan dilakukan secara hybrid dengan beberapa kali pertemuan dan berbagai macam kegiatan seperti webinar, simulasi daring dan luring, serta penyelesaian soal CT. Dari hasil evaluasi yang dilakukan melalui umpan balik dan post test, terdapat peningkatan dan pemahaman para guru mengenai CT dari nilai rata-rata hasil post test 46 menjadi 60.

Kata kunci: Computational Thinking, Pelatihan, Simulasi, Informatika


Full Text:

PDF

References


Kraaijenbrink, Jeroen. 2018. What Does VUCA Really Mean?, https://www.forbes.com/sites/jeroenkraaijenbrink/2018/12/19/what-does-vuca-really-mean/?sh=6d5f19ad17d6

Marr, Bernard. 2018. What is Industry 4.0? Here's A Super Easy Explanation For Anyone. https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2018/09/02/what-is-industry-4-0-heres-a-super-easy-explanation-for-anyone/?sh=181091cf9788

McKinsey & Company. 2019. Otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia, Pekerjaan yang hilang, muncul dan berubah. Report 2019

Resnick Mitchel dkk. 2017. Preparing the Next Generation of Computational Thinkers: Transforming Learning and Education Through Cooperation in Decentralized Network. http://web. media.mit.edu/~mres/proposals /NSF- CDI-proposal.pdf

Wing, Jeannette. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM. 49. 33-35.

World Economic Forum. 2020. The Future of Jobs Report 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.