Sosialisasi Penerapan 3M dan Pencegahan Covid-19 di TPQ Bazma An – Naafi’ Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur

Aina Sabrina, Iqbal Fikri Pradana, Muhammad Radhiva, Suci Rahmatia

Abstract


Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat dunia. Oleh karena itu, masalah ini perlu diperhatikan agar dapat segera ditangani untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan masih sangat minim, hal inilah yang kemudian menjadi penyebab utama penularan virus Covid-19. Sosialisasi Penerapan 3M dan Pencegahan Covid-19 merupakan kegiatan mengedukasi masyarakat dengan gerakan 3M (cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak). Sosialisasi ini dilakukan di TPQ Bazma An - Naafi' yang terletak di Desa Kebon Pala, Jakarta Timur. Kondisi kesehatan di lingkungan ini cukup mengkhawatirkan, karena minimnya lahan terbuka hijau, udara bersih, dan fasilitas air bersih. Anak-anak di sini juga terlihat seperti tidak tahu bahaya apa yang mereka hadapi, sehingga tidak ada larangan dari orang tua. Banyak warga yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan seperti 3M.

Kata kunci: Sosialisasi, Penerapan 3M, Pencegahan Covid 19

Full Text:

PDF

References


Arvianti, E., & dkk. (2021). Sosialisasi Protokol Kesehatan 3M Pada Siswa SMP Negeri 26 Malang Untuk Menghadapi Era New Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi.

Gunawan, A., & Mahyuni , L. (2021). Sosialisasi Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan 3M di Wilayah Desa Adat Sesetan. Jurnal Dinamika Pengabdian.

Hardiani, D., & dkk. (2021). Sosialisasi Pentingnya Penerapan 3M di Era New Normal Desa Riding Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI).

Mardianti, N., Pahlevi, M., & Primanadini, A. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Sekolah Di TPA Noor Iman, Sunagi Besar, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Jurnal Bakti Untuk Negeri.

Nuraeni, I., & dkk. (2021). Pencegahan Covid-19 Melalui Sosialisasi Penggunaan Dan Pembagian Masker Di Kota Tasikmalaya Dan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.

Silitonga, E., & dkk. (2021). Sosialisasi Penerapan 3M Dalam Upaya Pencegahan Penuluran Covid-19 Pada Masyarakat Kota Medan. Jurnal Adimas Mutiara.

Supriyadi, I. (2020). Sosialisasi Gerakan 3M Guna Memutus Rantai Covid-19 di Desa Seruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.