Edukasi Gizi bagi Orangtua dan Anak Usia Sekolah di Taman Baca Sahabat Lentera

Lusi Anindia Rahmawati, Zakia Umami, Diamarella Rizkiyah, Dimas Khairul Razi, Muhammad Adnan Sabililhaq, Rizkia Dewi Putri Anggraeni

Abstract


Pembangunan kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional. Lingkup terkecil dalam pembangunan kesehatan adalah keluarga. Keluarga yang memiliki kesadaran, kemauan, serta kemampuan berperilaku hidup sehat akan dapat mencapai kondisi kesehatan yang optimal, baik jasmani, rohani, maupun sosial. Taman Baca Sahabat Lentera (TBSL) merupakan salah satu wadah dalam melakukan berbagai kegiatan, diantaranya berlatih mendongeng, membaca buku, dan sharing. Namun sayangnya, belum ada kegiatan yang berfokus pada peningkatan pengetahuan gizi sehingga anak-anak masih memiliki kebiasaan jajan yang tidak sehat serta tidak suka mengonsumsi buah dan sayur. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah edukasi gizi bagi orangtua dan pengenalan konsep gizi seimbang bagi anak dengan media komik “Pahlawan Gizi Seimbang”. Hasil analisis statistik menggunakan uji paired samples t-test menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari edukasi gizi terhadap pengetahuan gizi orangtua (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa edukasi gizi yang dilakukan cukup berhasil untuk meningkatkan pengetahuan gizi. Secara keseluruhan anak yang terlibat dalam kegiatan edukasi gizi juga mampu menceritakan dengan baik dan benar isi dari komik “Pahlawan Gizi Seimbang”. Pengenalan konsep yang sudah diberikan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan anak terkait gizi seimbang, dan kemudian dapat tercermin dari sikap mereka di kemudian hari dalam pemilihan makanan sehari-hari.

Kata kunci: Edukasi gizi, Taman Baca, Komik, Gizi seimbang


Full Text:

PDF

References


[Depkes RI] Departemen Kesehatan RI. (2007). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 747 Tentang Pedoman Operasional Keluarga Sadar Gizi di Desa Siaga. Jakarta: Depkes, 2007.

[Dinkes Jatim] Dinas Kesehatan Jatim. (2010). Pembahasan Hasil Survei Kadarzi. Surabaya: Dinkes Jatim.

Frempong, R.B., Annim S.K. (2017). Dietary diversity and child malnutrition in Ghana. Heliyon, 3(5), 1 – 21.

[Kemenkes RI] Kementerian Kesehatan RI. (2016). Rencana Aksi Kegiatan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Tahun 2016-2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Wong D. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Yabanci N., Kisac I., Karakus S.S. (2014). The effect of mother’s nutritional knowledge on attitudes and behaviors of children about nutrition, Procedia-Social and Behavioral Science, 116, 4477-4481.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.