Program Pembentukan Koperasi pada UMKM di Kelurahan Rawa Badak Utara

Dina Oktaviani, Bambang Eko Samiono

Abstract


Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha dengan ukuran kecil. UMKM memainkan peran penting bagi dunia perekonomian, hal ini karena UMKM adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar serta paling banyak menyerap lapangan kerja. Namun pada awal tahun 2020 sejak adanya pandemi Covid-19 yang terjadi secara global, UMKM menjadi sektor yang paling terdampak karena mengalami banyak kerugian terutama pada sumber daya modal yang sulit diakses lantaran tidak sedikit UMKM yang belum bankable. Hal ini membuat UMKM terpaksa melakukan pinjaman dana kepada rentenir karena sulitnya meminjam pembiayaan melalui lembaga keuangan formal. Adanya permasalahan tersebut tim pemberdayaan masyarakat memberikan solusi serta praktek langsung kepada 15 orang mitra UMKM di Kelurahan Rawa Badak Utara dengan merencanakan pembentukan koperasi yang dilakukan secara online dan offline. Indikator keberhasilan dari program ini diantaranya yaitu para mitra yang ikut serta dalam program koperasi ini merasa sangat terbantu karena akhirnya mitra bisa mendapatkan modal usaha tanpa melalui bank ataupun rentenir yang merupakan masalah selama pandemi berlangsung, dan mitra bisa menghadapi tantangan operasional sehari-hari.

Kata kunci : UMKM, Sumber Daya Modal, Koperasi


Full Text:

PDF

References


Awami, Sofia Nur. 2017. Pengaruh Pembiayaan modal Terhadap Perkembangan Usaha Kecil di Kota Semarang. Junal Ilmiah Cendikia Eksakta. Semarang

Dinas Koperasi. 2019. Data UMKM tahun 2018-2019

Doug Wilson, Norman dan Zimerer. 2009. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Emapat

Supriyanto.2006.Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah(UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan.Jurnal Ekonomi Pendidikan.Vol.3.No(1).Hal:1-16.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Website Kementrian Koperasi (Diakses pada tanggal 25 Februari 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.