Peningkatan Pengetahuan Digital Marketing UMKM Warga Rawa Badak Melalui Aplikasi Instagram

Irma Nuraini, Bambang Eko Samiono

Abstract


Digital marketing adalah salah satu cara untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media internet. Manfaat yang didapat bagi para mitra UMKM dengan adanya digital marketing adalah menjangkau lebih banyak konsumen dari semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Permasalahan yang ada pada mitra UMKM di Kelurahan Rawa Badak mereka kesulitan untuk berkembang karena kurangnya pemahaman mengenai digital marketing dalam mempromosikan produknya secara online. Melihat permasalahan yang dihadapi oleh para mitra UMKM, solusi yang diberikan oleh tim KKN berupa materi ataupun edukasi mengenai manfaat digital marketing dan cara mempromosikan produk secara online melalui aplikasi instagram. Mitra UMKM yang ada Kelurahan Rawa Badak Utara menjual mulai dari junk food, healty food, cemilan ringan, makanan berat dan minuman. Selain itu, ada beberapa mitra yang menjual beberapa bahan pokok makanan. Jumlah mitra UMKM yang ikut serta dalam program KKN ini ada 11 UMKM. Pelatihan yang diberikan oleh tim KKN berupa pemaparan presentasi power point lalu sesi tanya jawab mengenai materi yang sudah diberikan. Mengenai evaluasi yang sudah dilakukan adanya peningkatan usaha 50% oleh para mitra UMKM di Kelurahan Rawa Badak dan mitra UMKM tersebut sangat antusias oleh materi mengenai digital marketing sebagai media pemasaran secara online untuk meningkatkan penjualan mereka.

Kata kunci: pemasaran digital, instagram, pelaku usaha mikro kecil menengah


Full Text:

PDF

References


Delavira Rahmalia, K (2017). Efektivitas Penggunaan Endorsement oleh Online Shop Giyomi di Media Sosial Instagram

Jatmika, S., Aprilianto, T., & Prasetyo, B. P. T. (2017). E-Marketing Dengan Media Jejaring Sosial Untuk Peningkatan Omset Penjualan. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, No. 1, pp. 646-654).

Latief, Nurahmah (2019). “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone Pada Dp Store Makassar” Skripsi. Universitas Negri Makasar.

Mursito, H. (2020). Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Ukm (Studi Kasus di SMESCO Jakarta). Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 4(2), 41-47

Yeri Tri, K (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pemasaran Minuman di Banjarbaru (Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

https://merchant.id/productivity/apa-itu-digital- marketing-2/ (diunduh pada tanggal 24 Februari 2022)

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/09/18270 017/cara-memakai-6-fitur-instagram-untuk- mendongkrak-bisnis?page=all (diunduh pada tanggal 24 Februari 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.