Sosialisasi Cara Mengakses Soal Pada Website Kemdikbud.go.id

Amelia Tasya Tanuwijaya, Nunung Nurhasanah

Abstract


Dalam tri dharma perguruan tinggi, peran mahasiswa salah satunya ialah pengabdian kepada masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kamus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu (Syardiansah, 2017). Pada kegiatan KKN ini, mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat secara pertemuan tatap muka (online), ataupun pertemuan jarak jauh (online) dengan mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan. Dengan adanya KKN di tengah pandemi Covid-19 diharapkan mahasiswa dan interaksi dalam bersosial di masyarakat (Umar et al., 2021). Pada saat pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar masih sebagian dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (online). Dari hal tersebut membuat pelajar yang masih bersekolah kurang memahami materi pembelajaran yang telah diberikan, maka dari itu kegiatan KKN ini diselenggarakan dengan memberikan sosialisasi website Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dari website tersebut terdapat bank soal untuk membantu pemahaman terhadap pelajaran yang ada di sekolah. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan kepada masyarakat (pelajar) sekitar Jalan Puring, RT 06/RW 007, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Kegiatan KKN ini selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha bagi Universitas Al-Azhar Indoensia untuk turut berkomunikasi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil evaluasi terkait kegiatan KKN yang telah dilakukan, masyarakat sekitar Jalan Puring, RT 06/RW 007, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok menyatakan bahwa dari kuesioner mengenai hasil program kerja yang diberikan, didapatkan hasil 100% website pada “kemdikbud.go.id” mudah di akses dan dapat membantu menunjang pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh saat ini.

Kata Kunci: Covid-19, Kuliah kerja nyata, Mahasiswa, Website kemdikbud.


Full Text:

PDF

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Sianipar, D., Rambitan, S., Sairwona, W., & Zega, Y. K. (2020). Pelatihan Penggunaan Metode Mengajar Remaja Di Masa Pandemi COVID-19 Di HKBP Resort Jatisampurna Bekasi. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1963

Syardiansah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Samudra KKN Tahun 2017). Jim Upb.

Umar, A. U. A. Al, Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Iain Salatiga KKN 2021). E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.