Pelatihan Promosi Toko Online dan Perangkat Lunak Kasir Ipos 5 pada Mitra UMKM Keripik Cikidang Sukabumi (Desa Binaan UAI)

Anwar Mujadin, Budi Aribowo, Denny Hermawan

Abstract


Pelatihan menggunakan metode pendekatan instruksional, secara offline melalui video (youtube), daring Zoom, kemudian diperjelas dan diperkuat melalui tatap muka dilokasi, dimana materi instruksional offline melalui video tersebut telah di share satu bulan sebelum melakukan  kegiatan tatap muka di lokasi. Kemudian pada sesi offline mitra UMKM diusahakan untuk belajar mandiri melalui video kanal youtube yang telah dipersiapkan oleh tim pelaksana. Bila ada yang belum jelas, tim pelaksana membuka layanan konsultasi via Zoom kemudian diperjelas dengan cara sharescreen. Untuk memperlancar dan memperkuat pembelajaran, mahasiswa terlibat ikut ambil dalam  dalam menyiapkan peralatan kasir seperti laptop, barcode reader, dan thermal printer. Mahasiswa juga berperan aktif dalam menyiapkan materi pelatihan termasuk membuat simulasi menjadi seorang pembeli. Metode tersebut akan memberikan dampak positif pada mitra untuk mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran pelatihan perangkat lunak kasir IPOS 5 dan promosi produk di marketplace tokopedia dan Sophee. Tolok ukur keberhasilan, dipantau minimal 6 bulan sejak ada pelatihan.

Kata kunci: Metode instruksional online dan offline abdimas


Full Text:

PDF

References


Azizha Arrum Yonki Putri. Tinjauan Yuridis Perjanjian E-Commerce pada Tokopedia.Com. Skripsi. UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014059-2018

BPS Kabupaten Sukabumi Koordinator Staistik Kecamatan Sukabumi, Kecamatan Sukabumi dalam Angka 2018, Sukabumi: BPS Kabupaten Sukabumi, 2018

Edwin Japarianto. (2020) Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Managemen pemasaran Vol. 14 No. 1. ISSN 1907-235X

Irawan, D., Junaidi, M., Rahsel, Y., & Udin, T. (2017). Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C Pada Toko Atk Sindoro. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 58-62.

Masyita Ichsan. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review terhadap Minat Beli Konsumen Pada Market place kopedia Di Wilayah Dki Jakarta. e-Proceeding of Management: Vol.5, No.2 Agustus 2018. Page 1828.

Renstra LPPM UAI, Rencana Strategis (Renstra) Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Al Azhar Idonesia 2017-2021, Jakarta: Universitas Al Azhar, 2016

Seto, Yohan Octavianus. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Siklus Pendapatan untuk Meningkatkan Pengendalian Intern pada UD. Aja Surabaya dengan Menggunakan Software POS 4.0. skripsi. Universitas Widya Kartika

Sosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Februari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.