Pengenalan dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru dan Siswa SD-SMP di Jabodetabek

Riri Safitri, Denny Hermawan, Arif Supriyanto

Abstract


Perkembangan dan peningkatan pemanfaatan Teknologi (ICT) saat ini semakin pesat. Era transformasi digital, industry 4.0 dan Society 5.0 mengharuskan pemanfaatan IT hampir di seluruh aspek kehidupan. Hal ini mengharuskan kompetensi SDM meningkat, khususnya di bidang ICT. Hal ini juga yang mendasari penambahan kompetensi siswa dari 4C menjadi 6C yang dicanangkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu kompetensi yang ditambah adalah Computational Thinking (CT). CT merupakan kemampuan komprehensif dalam memecahkan persoalan, untuk mencari solusi yang efisien, efektif dan optimal di era digital, dimana solusi permasalahan akan membutuhkan bantuan IT untuk menghasilkan solusi yang cepat, akurat dan kreatif. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah masih kurangnya pemahaman guru dan siswa mengenai CT, sehingga, perlu adanya pengenalan dan pelatihan CT kepada siswa, khususnya tingkat SD dan SMP serta membekali guru dengan konsep, materi dan resources mengenai CT yang nantinya diberikan kepada siswa di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 3 tahap, yaitu workshop dan pelatihan CT kepada siswa SD dan SMP serta webinar dan pelatihan CT untuk guru. Kegiatan terakhir adalah mengikutsertakan siswa dalam kegiatan Tantangan Bebras, sebuah ajang kompetisi CT global yang diselenggrakan secara serentak di 56 negara termasuk di Indonesia. Kegiatan ini sekaligus sebagai evaluasi keberhasilan pelatihan yang dilakukan, yaitu banyaknya siswa yang mengikuti Tantangan Bebras dan peringkatnya di tingkat nasional. Kegiatan abdimas ini berjalan dengan lancar, dengan jumlah peserta sebanyak 874 peserta untuk semua rangkaian kegiatan. Jumlah siswa yang mengikuti Tantangan Bebras sebanyak 358 siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA, dengan peringkat tertinggi yang diperoleh adalah peringkat 10 besar di tingkat SMP dan peringkat 25 besar di tingkat SD di tingkat nasional.

Kata kunci: Computational Thinking, Problem Solving, Transformasi Digital


Full Text:

PDF

References


BBC. (2020). Introduction to Computational Thinking. Retrieved Januari 15, 2020, from http://www.bbc.co.uk/education/topics/z7tp34j

Bebras NBO Indonesia. (2019). Sosialisasi Computational Thinking dan Kegiatan Bebras Indonesia.

Budiansyah, A. (2020, Februari 18). Nadiem Usung Computational Thinking jadi Kurikulum, Apa Itu? Retrieved Agustus 19, 2020, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200218151009-37-138726/nadiem-usung-computational-thinking-jadi-kurikulum-apa-itu

Cunny, J., Snyder, L., & Wing, M. (2010). Demystifying Computational Thinking for Non-Computer Scientists. Retrieved Agustus 19, 2020, from https://www.cs.cmu.edu/~CompThink/resources/TheLinkWing

https://www.bebras.org/. (n.d.). Bebras International Challenge on Informatics and Computational Thinkin. Retrieved Januari 15, 2020, from https://www.bebras.org/

Safitri, R. (2019). Pengenalan dan Pelatihan Pemrograman Dasar Blockly kepada Siswa SMA Al Azhar 1, 2 dan 3. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1 - 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.