Edukasi Gizi Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Terkait Obesitas Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Al-Andalusia
Abstract
Obesitas dan berat badan berlebih merupakan akibat dari penumpukan lemak dalam tubuh yang berlebihan. Berdasarkan data SSGI tahun 2022, prevalensi obesitas dan berat badan berlebih pada anak berusia 5-12 tahun adalah 10,8% memiliki berat badan berlebih dan 9,2% obesitas. Hal ini berarti berarti 2 dari 10 anak berusia 5-12 tahun memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pemberian edukasi gizi terkait obesitas pada anak usia sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah di Panti Asuhan Al-Andalusia sebagai upaya pencegahan obesitas. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 30 siswa dan siswi aktif yang berusia antara 6-16 tahun. Pengetahuan dan sikap terkait obesitas pada peserta diukur menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara ceramah, tanya jawab, dan focused group discussion (FGD) yang dilakukan secara bergantian dengan menggunakan media PowerPoint dan Nutricard obesitas. Kegiatan yang dilakukan menghasilkan peningkatan yang signifikan pada skor pengetahuan antara sebelum dan sesudah pemberian edukasi (p<0,05). Terdapat pula peningkatan sikap positif dari 63,3% menjadi 73,3%, tetapi perubahan ini tidak signifikan secara statistik (p>0,05). Beberapa faktor yang menyebabkan hasil sikap tidak signifikan antara lain adalah durasi pemberian edukasi gizi yang pendek dan kurangnya perhatian dan fokus anak-anak terhadap materi yang diberikan.
Kata kunci: Edukasi gizi, Obesitas, Pengetahuan, Sikap.
Full Text:
PDFReferences
Alkautsar, A. (2022). Pencegahan dan Tatalaksana Obesitas Pada Anak. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(1).
Almira, R., Melani, V., Angkasa, D., & Dewanti, L. P. (2022). Pengaruh Media Nutrition Bingo Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Serta Keanekaragaman Pangan Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di Jakarta Timur. Journal of Nutrition College, 11(4), 310-321.
Amanah, N. R., Suprihartono, F. A., Fauziyah, R. N., Par'i, H. M., & Syahidatunnisa, U. S. (2019). Edukasi gizi dengan permainan komunikata terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi sayur buah, jajanan dan sarapan. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(1), 157-164.
Angely, C., Nugroho, K. P., & Agustina, V. (2021). Gambaran Pola Asuh Anak obesitas usia 5–12 Tahun di SD Negeri 09 Rangkang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(6), 816–825. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i6.679
Goni, G., Rattu, J. A. M., & Malonda, N. S. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan dengan Teknik Ceramah Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso (Studi Kasus SD Gmim 2 dan SD Negeri 2 Tompaso). 8(7).
Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58-64.
Kapantouw, C., & Mandey, S. L. (2015). Pengaruh sikap, norma subyektif, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian handphone asus di gamezone computer mega mall manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).
Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI
Khomsan, A., (2021). Teknik Pengukuran. Pengetahuan Gizi. Bogor: IPB Press
Krisdiani, A. F., Sufyan, D. L., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. (2020). Pengaruh Edukasi Melalui Twitter Thread Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Remaja di SMP Harjamukti Depok. Jurnal Ilmu 19 Kesehatan Masyarakat, 16(2), 95-102.
Nurjannah, T. S., & Toni, T. (2023). Peran Panti Asuhan Namira dalam memberikan pendidikan moral Terhadap Anak Asuh di Kabupaten Labuhanbatu. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1).
Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3(1), 32-36.
Permenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117562/permenkes-no-25-tahun-2014
Putri, V. H., Sitoayu, L., & Ronitawati, P. (2021). Pengaruh media AR Book terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada anak usia sekolah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 6(2), 118-127.
Rizona, F., Rahmawati, F., & Septiawati, D. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Motivasi Anak Dengan Obesitas Melalui Puzzle Game Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 13(4).
Stefani, M., & Fadlina, A. (2023). Pendidikan Gizi “SAGARI” (Periksa Lingkar Pinggang Sendiri) Sebagai Upaya Pencegahan Obesitas Pada Remaja. Media Karya Kesehatan, 6(2).
Sudja, A., Rahmat, M., Aminah, M., Faiqotunnisa, F., & Haidhar, H. M. (2019). Pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan asupan pada siswa kurus sekolah dasar. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 102-110.
Tsania, N., Rahmat, M., Priawantiputri, W., & Fauziyah, R. N. (2023). Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Flashcard Dan Powerpoint Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Dietetik, 2(2), 22-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3139
Refbacks
- There are currently no refbacks.