Gerakan Pelestarian Lingkungan Digital Memanfaatkan Blog Dengan Platform Wix Pada Siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia

Putri Cholidhazia, Kun Mardiwati Rahayu, Arif Supriyanto

Abstract


Pelestarian lingkungan merupakan tantangan global yang menjadi tanggung jawab bersama. Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia  adalah sekolah yang mendapatkan penyuluhan peduli lingkungan dalam penumbuhan karakter siswa. Namun siswa hanya sebagai penerima informasi belum adanya tindak lanjut dalam menyebarkan informasi terhadap pelestarian lingkungan. Diikuti oleh dampak dari pembelajaran secara online pada saat Covid 19. Menimbulkan permasalahan yang mengakibatkan rendahnya kemampuan peserta didik dalam belajar terutama dalam kemampuan menulis. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terus berkembang. Terutama dalam mendukung budaya literasi menulis pada bidang pendidikan. Literasi digital menjadi sarana mengekspresikan ide dan pikiran dengan memanfaatkan internet sebagai akses dalam menyebarluaskan informasi secara luas, salah satunya media yaitu blog.  Blog merupakan salah satu layanan aplikasi dengan ruang untuk kegiatan menulis, mengajak dan memotivasi publik untuk berbagi pemikiran dan ide-ide dengan orang lain di seluruh dunia, serta memberikan kesempatan salah satunya dalam mempromosikan tindakan pelestarian lingkungan. Salah satu platform interaktif dalam pembuatan blog yaitu wix.com. Oleh karena itu dilakukan penyuluhan dan pelatihan dalam menulis blog pada platform wix dengan tema pelestarian lingkungan. Kegiatan ini menghasilkan luaran yaitu jumlah blog tema pelestarian lingkungan yang berhasil dibuat oleh 25 siswa dari 30 siswa. Kemudian tingkat kepuasan peserta dalam pelatihan blog yaitu 91%.

Kata kunci: Blog, Pelestarian Lingkungan, Wix,

Full Text:

PDF

References


Hamdi F.S dan Maita I. 2022. Pelatihan Pembuatan Website Memanfaatkan Wix Untuk Blog Pribadi Pada Siswa SMAN 2 Gunung Talang. Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 76-8.

Helaluddin. 2019 Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal PENDAIS, I (1), 44-55.

Ismail J.M. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1.

Kurikulum,http://man4alazharasysyarif.sch.id [Accessed: Feb, 6, 2022].

Rahayu K.M, Djarot I.N, Syariful. 2022. Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Ecoprint pada Siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat.

Ridwan. 2020. Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 36-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.