Upaya Pendidikan Gizi dengan Metode Ceramah untuk Mencegah Obesitas Pada Remaja di Universitas Al-Azhar Indonesia
Abstract
Obesitas pada remaja merupakan permasalahan gizi dengan berat badan berlebih dibandingkan dengan usia atau tinggi badan remaja sebayanya yang terjadi akibat berlebihnya penimbungan lemak dalam jaringan lemak tubuh. Salah satu faktor yang dapat mengurangi Indeks Massa Tubuh penderita obesitas dengan memberikan pendidikan gizi yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku menjadi positif. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya gizi seimbang dan dampaknya terhadap kesehatan melalui edukasi gizi. Metode pendidikan gizi ini melibatkan 36 subjek dengan pendekatan cross-sectional, mengumpulkan data melalui pre-test dan post-test, serta menganalisis data dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji Wilcoxon. Hasil program pendidikan gizi menunjukan terdapat peningkatan pengetahuan kelompok sebelum diberikan edukasi sebanyak 15 subjek (41,7%) kedalam kategori kurang, setelah dilakukannya edukasi menjadi 7 subjek (19,4%). Perbedaan rerata sikap sebelum pendidikan gizi 58,75 dan sesudah pendidikan gizi 72,63 melalui ceramah yang signifikan yaitu 0,01 (p < 0,05). Perbedaan rerata sikap sebelum pendidikan gizi 66,6 dan sesudah pendidikan gizi sebesar 70,76 melalui ceramah yang tidak signifikan (p 0,224). Rerata perubahan sikap kelompok ceramah 4,16. Edukasi gizi melalui ceramah dan poster berpengaruh dalam meningkatkan kesadaran remaja terkait gizi seimbang guna mencegah obesitas
Kata Kunci: Obesitas remaja, pengetahuan, sikap, mahasiswa, poster
Full Text:
PDFReferences
Ayumar, D. F. S., Margawati, A., & Wijayanti, H. S. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Metode Ceramah Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) dan Booklet Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Gizi Pada Remaja Tuli SLB di Semarang. Journal of Nutrition College, 8(3), 146–155. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i3.25804
Fernando, M. L. (2019). Gambaran citra tubuh pada wanita dewasa awal yang mengalami obesitas. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 101–118. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.6369
Goni, G., Rattu, J. A. M., & Malonda, N. S. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan dengan Teknik Ceramah Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso (Studi Kasus SD Gmim 2 dan SD Negeri 2 Tompaso). 8(7).
Harnita, S. (2021). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Dalung Kabupaten Badung Tahun 2021.
Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58–64. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.58-64
Kurdanti, W., Suryani, I., Syamsiatun, N. H., Siwi, L. P., Adityanti, M. M., Mustikaningsih, D., & Sholihah, K. I. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian obesitas pada remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 11(4), 179. https://doi.org/10.22146/ijcn.22900
Makhrajani Majid, Suherna, & Haniarti. (2018). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi, Body Image, Asupan Energi Dan Status Gizi Pada Mahasiswa Gizi dan Non Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.31850/makes.v1i1.99
Nurazis, G. G., Fathimah, F., & Damayanti, A. Y. (2021). Pengaruh Cakram Edukasi Pola Diet untuk Obesitas dan Over Weight Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Kepatuhan Diet di Islamic Boarding School. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(1), 74–82. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i1.1565
Pratiwi Hartono, N., Saptaning Wilujeng, C., & Andarini, S. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2), 76–84. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2015.002.02.2
Ragita, S. P., & Fardana, N. A. (2021). Pengaruh Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Terhadap Kematangan Emosi Pada Remaja. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 417 - 424
Ramadhanti, F. M., Sulistyowati, E., & Jaelani, M. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Remaja.
Safitri, N. R. D., & Fitranti, D. Y. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight.
Sunariyadi, N. S., & Yuni Andari, I. A. M. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266
Suraya, R., Nababan, A. S. V., Siagian, A., & Lubis, Z. (2021). Pengaruh Konsumsi Makanan Jajanan, Aktivitas Fisik, Screen Time, dan Durasi Tidur Terhadap Obesitas Pada Remaja. Jurnal Dunia Gizi, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.33085/jdg.v3i2.4732
Wati, N., Ariani, M., & Fetriyah, U. H. (2023). Aktivitas Fisik, Asupan Serat dan Status Ekonomi dengan Kejadian Obesitas pada Remaja di SMP Negeri 11 Kota Banjarmasin. Malahayati Nursing Journal, 5(5), 1576–1586. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i5.8188.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2559
Refbacks
- There are currently no refbacks.