MEMBANGUN KUALITAS KOMUNIKASI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK/SISWA YAYASAN IRTIQO KEBAJIKAN

Muchammad Nasucha, S.S., M.Si., Suci Nur Indah Thalib, Mohamad Ghozali Moenawar

Abstract


Komunikasi adalah kunci, suatu pernyataan yang terkenal dan relevan dengan fakta lapangan. Banyak keberhasilan dan kegagalan diidentifikasi dikarenakan faktor determinan ini. Dalam konteks pendidikan siswa menengah, fase dimana penemuan dan pengembangan potensi diri memerlukan asupan dari berbagai cara, termasuk pendidikan formal dan informal. Terkait hal tersebut, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), saat ini diarahkan untuk mengembangkan program untuk membuat objek sasarannya menjadi kreatif, inovatif dan sustain dalam mencapai tujuan. Berdasarkan data dan sumber yang relevan, pelatihan Public Speaking dipercaya menjadi program yang membekali siswa Yayasan Irtiqo Kebajikan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi menjadi pribadi berkualitas dan siap menghadapi fase pengembangan diri selanjutnya. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa peserta didik menjadi lebih percaya diri berbicara di depan publik ataupun bersosialisasi, mengetahui teknik public speaking yang tepat serta hal penting terkait lainnya. Enam hal diingat para peserta saat akan melakukan public speaking yaitu power, penampilan, gesture and eye-contact, pernafasan dan suara, persiapan materi, dan percaya diri saat tampil. Beberapa indikator diatas memperlihatkan bahwa kegiatan pelatihan dengan metode konvensional yang disesuaikan dan ceramah oleh Tim KKN 22 UAI di Yayasan Irtiqo Kebajikan berdampak positif bagi pemahaman komunikasi peserta.   

Kata kunci: Public speaking, Soft skill, pengabdian kepada masyarakat, communication skill.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A., Izzudin, M., Saraswaty, E., Nasyaya, A., & Mahriani, R. (2023). Public speaking training for the Sumatran rural young generation. Community Empowerment, 8(3), 388–396. https://doi.org/10.31603/ce.8135

Ambalegin, A., Afriana, A., Purwanti, A., Arianto, T., & Handayani, N. D. (2023). Public Speaking Mastery for Smk Graduates’ Communication Skills. Puan Indonesia, 4(2), 134–142. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.131

Barker, A. (2013). Improve Your Communication Skills (Google eBook).

Bender, Y. (2005). The Tactful Teacher: Effective Communication with Parents, Colleagues, and Administrators. Nomad Press. https://www.perlego.com/book/2055731/the-tactful-teacher-effective-communication-with-parents-colleagues-and-administrators-pdf

Bennie, M. (2009). A Guide to Good Business Communication: How to write and speak english well (Fifth). howtobooks.

Carnegie, D. (2020). Public Speaking and Influencing Men in Business. Barakaldo.

Churches, R. (2015). Effective Classroom Communication Pocketbook. Teachers’ Pocketbooks. https://ereader.perlego.com/1/book/3889323/1

Conger, J. A. (2013). HBR’S 10 MUST READS: Featuring the Necessary Art of Persuasion on Communication. Harvard Business Review Press.

Greene, J. O. (2021). Essentials of Communication Skill and Skill Enhancement: A primer for students and professionals (First). Routledge.

Halomoan, H. S., Beata, S. A., & Wardiana, S. (2023). Pelatihan Public Speaking Pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) di SMAN 3 Tangerang. 2(1), 2–6.

Islam, U., Dahlan, A., Azzahra, A., Mytra, P., Ahmad, U. I., Islam, P. A., Islam, U., Dahlan, A., Ahmad, U. I., Islam, U., & Dahlan, A. (2023). Tingkatkan Percaya Diri Melalui Pelatihan Public Speaking Sejak Dini di SDN 48 Lappae. 2(1), 1–6.

Leeds, D. (2003). Power Speak. Red Wheel/Weiser LLC.

Maya Kasmita, Ririn Nurfaathirany Hery, Rohmah Rifani, Muh. Rizal S, Asmunandar, A., Muhammad Aswan, & Firman Umar. (2023). Pelatihan Public Speaking Membangun Kepercayaan Diri Dan Berbicara Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Telkom Makassar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–446. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1721

Meifilina, A., Khudlori, R., & Andari, B. (2021). Pelatihan Public Speaking Dengan Tema “Tampil Di Depan Umum Siapa Takut.” Science Contribution to Society Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35457/scs.v1i1.1743

Price, D., & Ota, C. (2016). The Assertive Practitioner. 1st edn. Taylor and Francis. Available at: (1st ed.). Routledge. https://www.perlego.com/book/1507190/the-assertive-practitioner-how-to-improve-early-years-practice-through-effective-communication-pd

Rahmi, H., Desriyati, W., & Julanos. (2022). Pembimbingan Kemampuan Public Speaking pada Organisasi Kesiswaan SMKN 4 Dumai. TRIMAS: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–95. https://doi.org/10.58707/trimas.v2i2.223

Saoqillah, A., Fitriya, W., & Azzahra, S. (2023). Pelatihan Public Speaking Sebagai Bagian Dari Pemberdayaan Softskill Siswa Man 2 Bogor Public Speaking Training as Part of Softskill Empowerment for Man 2 Bogor Students. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 77–85.

Wardani, A. (2023). Strategi Komunikasi Pelatihan Public Speaking Course Dalam Membangun Kepercayaan Diri (Studi Kasus Pada Mentee Kalangan Remaja Di Bicarapede Academy). UIN Syarif Hidayatullah.

Wood, J. T. (2010). Communication Mosaics: An Introduction to the Field of Communication. http://books.google.com/books?id=6DscU5nk74cC&pgis=1




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.