Peningkatan Literasi Keuangan bagi Siswa SB At-Tanzil Ampang Malaysia dengan Metode Read Aloud

Nabila Nama Aisa, Dody Hartanto, Liena Sofiana

Abstract


Banyak anak-anak yang lahir dan tumbuh dari pernikahan Pekerja Migran (Indonesia) tidak dapat mengenyam pendidikan formal di sekolah negeri atau swasta di Malaysia. Problematika anak-anak yang tidak mendapat akses pendidikan ini dapat berujung pada fenomena child labour atau pekerja anak di bawah umur dalam jangka panjang. Kurangnya pengetahuan anak-anak dalam keuangan merupakan salah satu sebab dari fenomena tersebut. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memberi anak-anak bekal dan keterampilan terkait keuangan. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Internasional Universitas Ahmad Dahlan (PkM KI UAD) menyelenggarakan pelatihan peningkatan literasi keuangan bagi anak- anak PMI di Malaysia. Berlokasi di Sanggar Bimbingan (SB) At-Tanzil Ampang, kegiatan berlangsung pada tanggal 26 Juli 2023. Penyampaian materi menggunakan metode read aloud buku cerita literasi keuangan, video edukasi, dan praktik membuat perencanaan keuangan. Hasil dari program pengabdian ini adalah sebanyak 30 siswa mampu menyusun daftar kebutuhan dan keinginan serta 15 siswa bisa mempresentasikan hasil analisis dari perencanaan keuangannya

Kata kunci: Literasi Keuangan Anak, Perencanaan Keuangan, Sanggar Bimbingan, Pengabdian Internasional


Full Text:

PDF

References


BI (2023). Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia.https://www.bi.go.id/id/stati tik/ekonomi keuangan/seki/Pages.

BP2MI (2023) Laporan Publikasi April 2023. https://bp2mi.go.id/uploads/statistik/images/data_09052023_Laporan_Publiksi_Bulan_April_2023_merged.pdf

Haszelinna binti Abang Ali, D., & Arabsheibani, G. R. (2017). Child labour in Indonesia: Supply-side determinants. Economics and Finance in Indonesia, 62(3), 4.

Otoritas Jasa Keuangan (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/NewDetailMateri/511.

Senawati, J., Suwastini, N. K. A., Jayantini, I. G. A. S. R., Adnyani, N. L. P. S., & Artini, N. N. (2021). The Benefits of Reading Aloud for Children: A Review in EFL Context.IJEE (Indonesian Journal of English Education),1(1), 80-107.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.