Analisis Pola Komunikasi Organisasi dalam Kesenjangan Generasi di PT Pertamina Bina Medika IHC

Dinda Ayuana Kartika

Abstract


Kesenjangan generasi adalah perbedaan generasi yang menimbulkan adanya kesenjangan hubungan antara karyawan yang memiliki background generasi berbeda. Kesenjangan generasi antar karyawan menjadi suatu masalah dalam komunikasi organisasi karena mereka memiliki cara berpikir, sikap, tindakan, dan kebiasaan yang berbeda sehingga dapat menimbulkan konflik antar karyawan pada perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan dalam kesenjangan generasi di PT Pertamina Bina Medika IHC. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan pola komunikasi organisasi yang digunakan adalah pola komunikasi roda dan pola komunikasi Y dimana pimpinan menjadi penentu dari setiap keputusan. Terdapatnya perbedaan pola pikir, kepribadian, kebiasaan dan perilaku antar generasi tidak membuat kesenjangan usia menghalangi tujuan utama dari suatu perusahaan. Terdapatnya perbedaan pola pikir, kepribadian, kebiasaan dan perilaku antar generasi tidak membuat kesenjangan usia menghalangi tujuan utama dari suatu perusahaan. Masing – masing pekerja baik atasan dan bawahan yaitu generasi x dan generasi z sama – sama belajar dan beradaptasi satu sama lain untuk menciptkan lingkungan kerja yang baik sehingga target perusahaan dapat dicapai.

Kata Kunci: Komunikasi, Organisasi, Kesenjangan, Generasi


Full Text:

PDF

References


. Yolanda MW, Yuliana, Arwin. Analisis Pola Komunikasi Pimpinan dan Karyawan Studi Kasus pada PT Saudara Cipta Sukses Deli Serdang. Medan; 2021.

. Algobash A. What is Generation Gap in the Workplace? Algobash Insight. 2023.

. Nainggolan NT. Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis; 2021. 47–48 p.

. Putri GS, Hartanto B, Husna N. Generation Gap; Analisa Pengaruh Perbedaan Generasi Terhadap Pola Komunikasi Organisasi di Perusahaan Consumer Goods Di Kota Surabaya. J Sos J Penelit Ilmu-Ilmu Sos. 2019 May 11;20(1):36–43.

. Adiawaty S. Tantangan Perusahaan Mengelola Perbedaan Generasi Karyawan. ESENSI J Manaj Bisnis. 2019;22(3):1–7.

. Abdussamad Z. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press; 2021. 27–28 p.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.