Peningkatan Literasi Keuangan dan Perbankan Pada Generasi Alpha

Hadiana Hadiana, Syurmita Syurmita, Zulfa Devina Rahman

Abstract


Literasi merupakan suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengelola informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Literasi ini bertujuan untuk menambah informasi dan pengetahuan kepada Siswa Kelas 6B SD Al-Fityan Tangerang Selatan terhadap keuangan dan perbankan di Indonesia. Literasi keuangan adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang agar terhindar dari masalah keuangan. Kebanyakan anak-anak pada era generasi alpha ini, masih tidak mengetahui pentingnya memahami terkait mengelola keuangan dengan baik, kemudian masih tidak mengetahui terkait tempat penyimpanan uang yaitu bank. Oleh karena itu, kami Tim pengajar dan Dosen Pembimbing melakukan penyuluhan terkait literasi keuangan dan perbankan pada anak-anak generasi alpha ini, agar pemahaman mereka lebih luas lagi terkait keuangan dan perbankan. Metode yang kami gunakan yaitu dengan memaparkan materi serta berdiskusi dengan Siswa kelas 6B SD Al-Fityan terkait budaya menabung dan melakukan Quiz games terkait pemahaman mereka seputar perbankan dan budaya menabung. sebelum pemaparan materi para siswa masih tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, namun setelah sesi pemaparan materi, para siswa sudah mulai memahami apa itu kebutuhan dan keinginan serta lebih memahami lagi betapa pentingnya dan manfaat dari menabung sejak dini.

Kata kunci: Lembaga Keuangan, Literasi, Keuangan, Perbankan, Generasi Alpha


Full Text:

PDF

References


Alghifari Mahdi Igamo, dkk. (2021). Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Desa Kota Daro II

Atikha.(2019).https://id.theasianparent.com/generasi -alpha-adalah. Diakses pada Senin 18 November 2019 pukul 08.27 WIB.

Gomulia, B., Parahyangan, U. K., Barlian, I., Parahyangan, U. K., Dewi, V. I. (2020). FINANCIAL LITERACY FOR ELEMENTARY. 02(01), 1-9

Greenspan, A. (2006). Building an Effective Financial Literacy Program. Building an Effective Financial Literacy Program, 5–18

Hadi Ismanto, dkk. (2019). Perbankan dan Literasi Keuangan, https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx

Laila, V., & Hadi, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. 2006, 1491–1495

Parahyangan, U. K. (2020). FINANCIAL LITERACY FOR ELEMENTARY. 02(01), 1–9

Ria Norvika Yuliandri. (2020). Pola Pendidikan dan Pengasuhan Generasi Alpha

Rossa, Vania dan Rachmawati, Dinda. 2019 https://www.suara.com/health/2019/0 9/19/192056/sama-sama-akrabdengan teknologi-ini-beda-generasialpha-dengan-milenial. Diakses pada Senin 18 November 2019 pukul 09.59 WIB.

Rostanti, Qommarria. 2016. “OJK Berharap Pola Pikir Konsumtif Masyarakat Berubah MenjadiProduktif”.Republika,7November2016.Diakses:https://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/og981k383/ojkberharap-pola-pikir-konsumtif-masyarakat-berubah-menjadi-produktif

Yasid, M. (2019). Perilaku Menabung Ibu Rumah Tangga Keluarga Miskin Peserta Program Ikhtiar Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Kelompok Di Bogor, Jawa Barat. Tazkia, 90.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.