Implementasi Pendidikan Dasar Robotika melalui Penggunaan Mikrokontroler Arduino untuk Siswa Kelas 12 SMA Al Fityan School Tangerang

Fauzan Dharmawan, Andika Suherman, Bambang Kurniawan, Suci Rahmatia

Abstract


Perkembangan teknologi robotik telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan produktivitas dan inovasi sehari-hari. Saat ini pendidikan mengenai pemrograman robot telah menjadi bagian dari kurikulum generasi muda diberbagai negara. Permasalahannya di Indonesia edukasi robotik masih belum terlalu meluas dan belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam pendidikan formal. Oleh karena itu, perlu dilakukannya edukasi robotik untuk generasi muda. Melalui kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), penulis bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar robotik kepada siswa kelas 12 SMA Al-Fityan School Tangerang dengan menggunakan mikrokontroller berbasis Arduino. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pengajaran dasar robotik dan praktek merakit secara langsung. Proses Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan dengan pre-test yang bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan awal siswa kelas 12 SMA AL-Fityan School Tangerang terkait mikrokontroller Arduino,pengenalan dan materi mikrokontroller Arduino, dan melakukan pelatihan dengan merakit robot humanoid sederhana. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan pada 39 peserta, menunjukkan adanya tingkat pemahaman dan penguasaan yang cukup terkait konsep dasar robotik.

Kata kunci: Arduino, Robotik, SMA Al-Fityan School Tangerang, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)


Full Text:

PDF

References


Sekretariat Revolusi Mental Kemenko PMK. (2022, July 9). FRI loloskan 35 PT program swakelola GNRM. Retrieved from https://revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=fri-loloskan-35-pt-program-swakelola-gnrm

Presiden RI. (2016). Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 12 tahun 2016 tentang gerakan nasional revolusi mental. SCNP. (2022). Corporate social responsibility. Retrieved from https://www.scnp.co.id/csr

Cho, S.-D. (2018). The Ministry in the Age of the Fourth Industrial Revolution. Theol. Prax., 61, 621–646.

Sany, N., Sugiarto, D., & Hikmah, N. (2019). Prototype Robot Penunjuk Lokasi Bidang Buku Berbasis Line Follower Perpustakaan Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, 5(1), 50-57.

Ramadhan, K. P., Amroz, Y., & Adi, I. (2020). Inovasi Sistem Robotika Pada Perpustakaan. JEECOM, 2(2), 13-16.

Deutsche Welle (DW.com). (2019). Tren Anak Belajar Coding di Cina, Indonesia Bagaimana?. Retrieved on 23/09/2023 from https://www.dw.com/id/belajar-coding-sedang-tren-bagi-anak-anak-di-cina-bagaimana-dengan-indonesia/a-51609089




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.