Implementasi Pengajaran "Arah" dalam Bahasa Inggris dengan Pendekatan Komunikatif pada Siswa Sekolah Dasar

Dhuha Hadiyansyah, Ria Herwandar, Era Bawarti, Rasika Tasdyatta Mahendro, Raditya Daffa Adrimurlan, Farhan Alfarizi Iskandar

Abstract


Pengabdian masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) di SD Al-Fityan Tangerang dalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2023 dilakukan dengan implementasi pengajaran “arah” dalam Bahasa Inggris kepada siswa kelas 4 dengan pendekatan komunikatif. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian siswa dalam berbahasa Inggris. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan komunikatif. Pengajaran dengan pendekatan komunikatif menekankan pengembangan komunikasi sebagai inti pembelajaran bahasa asing, yaitu bagaimana menggunakan bahasa yang dipelajari sebagai secara efektif dalam situasi yang nyata. Pada situasi yang diciptakan dalam bentuk permainan fisik, kegiatan ini menemukan bahwa pendekatan komunikatif terbukti membuat siswa berhasil mengingat dan mempraktikkan semua kosakata yang diberikan. Selain itu, pendekatan komunikatif melalui permainan juga mempromosikan lingkungan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang menumbuhkan keterampilan untuk bekerja sama, mengambil keputusan, fokus dan mengingat.

Kata kunci: Pendekatan Komunikatif, Arah, Permainan, Pengabdian Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Adem, H.; Berkessa, M. (2022). A case study of EFL teachers’ practice of teaching speaking skills vis-à-vis the principles of Communicative Language Teaching (CLT). Cogent Education, 9(1), 2087458.

Boonekamp, G. M., Dierx, J. A., & Jansen, E. (2021). Motivating students for physical activity: What can we learn from student perspectives?. European Physical Education Review, 27(3), 512-528.

Chung, S. F. (2017). A communicative approach to teaching grammar: theory and practice. The English Teacher, 18.

Islamova, T. R. (2021). Features of the Communicative Approach in Teaching English. Theoretical & Applied Science, (3), 68-70.

Ho, Y. Y. C. (2020). Communicative language teaching and English as a foreign language undergraduates’ communicative competence in Tourism English. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 27, 100271.

Komkova, A., Kobeleva, E., Taskaeva, E., & Ishchenko, V. (2021, May). Foreign language learning environment: A case study of STU. In International Scientific Siberian Transport Forum (pp. 429-437). Cham: Springer International Publishing.

Lhardy, C., García-Ortega, H., Gracia-Mora, J., Marín-Becerra, A., Reina, A., & Reina, M. (2022). Unit Kemps: a matching card game to learn physical quantities, units, and symbols. Journal of Chemical Education, 99(9), 3170-3176.

Mirbabayeva, Z. (2021). Teaching english at primary schools using communicative approach method. Academic research in educational sciences, 2(2), 857-864.

Mirzayev, A., & Oripova, S. (2022). Communicative method–a new approach in the practice of teaching foreign language. Science and innovation, 1(B6), 778-783.

Sabrina, A. (2020). The implementation of communicative language teaching in English practice. Notion: Journal of Linguistics, Literature, and Culture, 2(1), 17-27.

Sinaga, R. R. F., & Oktaviani, L. (2020). The implementation of fun fishing to teach speaking for elementary school students. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 1-6.

Wang, Y. J., Shang, H. F., & Briody, P. (2011). Investigating the impact of using games in teaching children English. International journal of learning and development, 1(1), 127-141.

Yashnikova, N. (2022). Modelling developing readiness of maritime graduates for profession-oriented foreign-language communication by means of contextual learning. Transportation Research Procedia, 63, 167-177.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.