Literasi Digital Aplikasi Canva Melalui Pembelajaran Bahasa Mandarin Terhadap Siswa Kelas 5 SD Al Fityan Tangerang

Anniza Sekar Wahyuwardhani, Naida Trixie Lery, Lavenia Lavenia, Feri Ansori, Anitasa Dewi

Abstract


Di era digital, banyak sekolah yang memberikan tugas siswanya dalam bentuk digital seperti PowerPoint. Kegiatan-kegiatan kesiswaan juga seringkali menuntut siswa untuk membuat poster digital yang kemudian disebarluaskan. Penguasaan aplikasi Canva dapat membantu para siswa dalam kehidupan bersekolah dan di kemudian hari dapat bermanfaat bagi mereka. Yang menjadi permasalahan saat ini adalah kurangnya pemahaman para siswa akan penggunaan aplikasi sederhana untuk melaksanakan kegiatan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap pembelajaran para siswa SD Al Fityan Tangerang yang masih belum memahami dan menguasai penggunaan aplikasi Canva dengan mengenalkan tools dan ikon pada aplikasi Canva serta mengajarkan bagaimana cara menggunakannya. Selain hal tersebut, para siswa juga diajarkan ucapan-ucapan sederhana dalam Bahasa Mandarin. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan literasi digital para siswa terkait penggunaan aplikasi Canva untuk keperluan tugas sekolah, serta memahami ucapan-ucapan sederhana dalam Bahasa Mandarin.

Kata kunci: Canva, Literasi Digital, Bahasa Mandarin


Full Text:

PDF

References


Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2), 80-88.

Soebandi, A., Tjutu Yuniarsih., Rini Intansari Meilani., Indriarti Resti. (2023). Pemanfaatan fitur aplikasi Canva dalam perancangan media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 98-109.

Ayuningtias, N., Pujiono, M., Nasution, V. A., Nasution, E. H. (2019). Pembelajaran bahasa mandarin anak usia dini di Yayasan Pendidikan Islam Ar Rahman. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 105-113.

Hidayati, A. N., Hakkun, R. Y., Sa'dyah, H. (2017). Let's play Mandarin: media interaktif untuk pembelajaran bahasa Mandarin tingkat SD berbasis android. Jurnal Politeknik Elektronika IKRAITH Informatika, 1(2), 45-52.

Kala'lembang, A., Widayanti, L., Rahayu, W.A., Riska, S. Y., Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91-102.

Tanjung, R. E., Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79-85.

Hartanto, Bobie. (2017). What Is Editing. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 dari https://binus.ac.id/malang/2017/09/wh at-is-editing/.

Dewa Webteam. (2023). Pengertian Canva, Fitur, dan Panduan Cara Menggunakannya. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 dari https://www.dewaweb.com/blog/cara-menggunakan-canva/.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Supradaka, Maret. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media perancangan grafis. Jurnal IKRAITH Teknologi, 6(1), 62-68.

Sutami, Hermina. (2023). Fungsi dan kedudukan bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2(2), 212-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.