Peningkatan Literasi Digital Pada Kompetensi Sosial Emosional melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interatif Berbasis Nearpod Bagi Guru Sekolah Dasar

Aldina Eka Andriani, Sri Sulistyorini, Siti Maryatul Kiptiyah

Abstract


Guru perlu memanfaatkan teknologi dalam mengkomunikasikan materi pelajaran kepada siswa melalui media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang kelas agar dapat mendukung berbagai preferensi belajar siswa. Meskipun demikian, guru seringkali mengalami tantangan atau kendala dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan meningkatkan literasi digital bagi guru melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan. Pendekatan yang diadopsi mencakup penyampaian materi melalui ceramah dan sesi diskusi aktif. Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian, capaian yang pertama adalah tercapainya tujuan dari workshop berupa pemberian wawasan pengetahuan dan peningkatan literasi digital. Kedua, pencapaian yang memuaskan terhadap materi yang telah direncanakan secara umum. Ketiga, peningkatan signifikan dalam pemahaman literasi digital terkait pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod, khususnya dalam implementasi kompetensi sosial emosional pada kurikulum merdeka. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest, yang meningkat dari 53,42% menjadi 83,14% pada Guru Sekolah Dasar yang terlibat dalam Komunitas Kegiatan Guru (KKG) Gugus Wijaya Kusuma.

Kata kunci: Literasi Digital; Kompetensi Sosial Emosional; Nearpod; Intelligence Tutoring System


Full Text:

PDF

References


Alfiyah, S., & Muthmainah, M. (2022). Praktik Belajar Mengajar Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2863–2873.

Andriani, A. E., Sulistyorini, S., Kiptiyah, S. M., & Widagdo, A. (2023). Peningkatan kompetensi TIK guru melalui pemanfaatan evaluasi online berbasis project based learning bagi guru sekolah dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2437–2446.

Delacruz, S. (2014). Using Nearpod in elementary guided reading groups. TechTrends, 58(5), 63–70.

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174.

Harahap, S. N. H., Amalina, M. N., & Khadijah, K. (2022). Metode Pengembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 1–6.

Khoir, H. M., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54–60.

Mahadewi, N. K. N., Ardana, I. M., & Mertasari, N. M. S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 338–350.

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246.

Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Publishers.

Musrofi, M. (2010). Melesatkan Prestasi Akademik Siswa: Cara Praktik Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa tanpa Kekerasan dan tanpa Menambah Jam Belajar. Pustaka Insan Madani.

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73.

Perez, J. E. (2017). Nearpod. Journal of the Medical Library Association, 105(1), 108–110.

Potrer, B. De, Hernacki, M., & Alwiyah, A. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (1st ed.). Kaifa Learning.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVc SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172.

Ramdani, Z., Amri, A., Warsihna, J., Anas, Z., Chandra, D. T., Hadiyana, D., & Nurwiansyah, I. (2022). Implementasi Penggunaan Buku Panduan Pembelajaran Dan Penilaian Adaptif Pada Jenjang Smp. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 114–121.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (1st ed.). Rajawali Pers.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.