Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM): Peningkatan Minat Robotika Melalui Pembuatan Robot Humanoid Menggunakan Arduino

Arman Haditiansyah, Iksan Khosiya Rohman, Muhammad Hasya Abdillah, Suci Rahmatia

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini memudahkan segala pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas industri dengan sangat baik dibandingkan sebelumnya karena bantuan teknologi yang maju. Salah satu teknologi yang sangat membantu dalam segala pekerjaan adalah robot, yang mana robot dapat bekerja layaknya manusia dengan hasil yang sangat mirip serta dapat dikendalikan. Sedikitnya anak usia remaja yang paham tentang teknologi dan perkembangannya memerlukan bimbingan agar siap menghadapi masa depan dan membangun negeri ini terutama pada bidang teknologi khususnya bidang robotika. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman serta pembelajaran mengenai robot sebagai bentuk kesadaran terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dengan cara mempelajari serta mempraktekkan secara langsung bagaimana cara membuat serta merakit robot humanoid sederhana dan berdiskusi mengenai robot sebagai implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mengubah cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong-royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan.. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa-siswi SMA Al-Fityan Tangerang menunjukkan antusias yang baik selama proses penyampaian materi, tanya jawab, dan juga praktik sehingga sebagian besar dari siswa-siswi dapat membuat robot humanoid sederhana dengan baik.

Kata Kunci: Teknologi, Robot, Humanoid, Arduino Uno


Full Text:

PDF

References


Siswadi, A. A. P., & Musa, P. (2021). Robot Digita2l Layanan Informasi Saat Pandemi COVID-19. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 3, No. 1, pp. 246-255).

Jalil, A. (2016). Rancang Bangun Robot Humanoid. Proceeding, Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK APTIKOM), ISSN, 2338-2899.

Kasih, A. P. (2020). Kemendikbud: Lulusan SMA-SMK yang Diserap Perguruan Tinggi Hanya 38 Persen.

Kemendikbud., P. (2021a). Statistik Sekolah Menengah Atas 2020/2021.

Kemendikbud., P. (2021b). Statistik Sekolah Menengah Kejuruan 2020/2021.

Siswaja, H. D. (2008). Prinsip kerja dan klasifikasi robot. Media informatika, 7(3), 147-157.

Statistik, B. P. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.