Akselerasi Gaya Hidup Sehat dan Halal Melalui Kelompok Masyarakat Terintegrasi di Desa Pagelaran

Andi Mukramin Yusuf, Elma Alfiah, Andi Muh. Asrul Irawan, Yoedo Shambodo, Maulaya Nabiha Khoirunnisa, Anisa Aulia, Octavia Wulandari

Abstract


Mitra yang terlibat dalam kerjasama pengabdian masyarakat ini adalah mitra dengan kategori kelompok masyarakat non produktif (masyarakat umum) yaitu Pemerintah desa Pagelaran dengan sasaran, meliputi kader posyandu, pondok pesantren dan karang taruna. Pondok pesantren yang akan menjadi bagian dari kegiatan adalah Pondok Pesantren Jam’iyyatul Mubtadi Tsani. Secara historis Pondok Pesantren Jam’iyyatul Mubtadi Tsani Kp. Simpang POM Desa cilangkahan Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten, telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam dunia pendidikan untuk skala Kabupaten Lebak, sehingga berpotensi besar untuk dilibatkan sebagai kader dari kegiatan ini. Berdasarkan permasalahan mitra yang ada saat ini, solusi yang ditawarkan untuk pemecahannya adalah dengan pola pemberdayaan kelompok masyarakat terintegrasi yang melibatkan karang taruna, kader posyandu, dan santri/santriwati pondok pesantren untuk mewujudkan desa sehat dan mandiri secara ekonomi. Pendekatan pemberdayaan kelompok masyarakat terintegrasi ini dipilih karena melihat prioritas masalah yang lintas sektoral baik itu pada bidang kesehatan, wirausaha dan akses informasi terhadap kesehatan dan gizi. Solusi yang akan diterapkan adalah pelatihan emo demo, pelatihan pengukuran status gizi serta penyuluhan gizi dan kesehatan, penyuluhan standar produksi pangan yang halal dan thoyyib, serta pembuatan media edukasi berupa video. Kegiatan diselenggarakan selama 8 bulan dengan luaran berupa artikel jurnal, publikasi pada media massa. Program pengabdian masyarakat di Desa Pagelaran ini telah dilaksanakan dengan menjalankan program terkait edukasi, yaitu edukasi mengenai pengukuran serta edukasi antropometri dan anemia untuk santri dan santriwati di Pondok Pesantren, edukasi halal untuk karang taruna dan UMKM, serta emo demo untuk Ibu Kader Posyandu. Dari ke-3 kegiatan yang dilakukan dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dari 3 kelompok sasaran. Kemudian ke-3 kelompok sasaran pada saat diberikannya edukasi memiliki respon yang sangat positif dan responsif sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Adapun saran yang dapat dilakukan untuk kegiatan selanjutnya yaitu iharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilakukan di desa lainnya. Selain itu, juga diharapkan jangka waktu kegiatan dapat diperpanjang mengingat adanya kendala teknis yang dapat terjadi dalam pelaksanaan program yang berkelanjutan.

Kata kunci: Halal, Media Edukasi, Pagelaran, Sehat


Full Text:

PDF

References


Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). (2014). KONSEP EMO DEMO. Retrieved from Emotional Demonstration: https://emodemo.org/about/concept-theory

Mardiana, Nilawati, N. S., & Eliza. (2012). Pengaruh Penyuluhan Gizi Metode Ceramah dan LEaflet Terhadap Prilaku Memilih Makanan Jajanan Murid Di SD Negeri Kelurahan Sako Palembang 2012. Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 1(11).

Nuraeny, N. (2018). Evaluasi Penyuluhan Nutrisi Seimbang Dan Pengenalan Sariawan Pada Siswa Di Sdn 1 Tempuran Karawang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Rizona, F., & Yuliana. (2017). Efek Edukasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang jajanan sehat pada anak Sekolah Dasar. Jurnal keperawatan Sriwijaya, 4(2), 51 - 56.

Septiani, B. D., Nurmaningsih, & Nisa3, S. H. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Metode Emotional Demonstration Terhadap Perilaku Ibu Dalam. Journal of Health Science and Research, 3(2), 241 - 249. Retrieved from http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/index

Suryani, E., Zuliah, A., & Nuraflah, C. A. (2020). Sosialisasi Pada Orang Tua Tentang Pentingnya Produk Halal melalui Pendekatan komunikatif Interaktif di Desa kolam Kec. Percut Sei tuan, Kab. Deli serdang. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.