Peningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Main Numerika Untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Fidesrinur Fidesrinur, Nila Fitria, Zahrina Amelia

Abstract


Tuntutan orang tua saat memasukkan anak kedalam PAUD agar anak mereka dapat memiliki kemampuan  membaca, menulis, dan berhitung. Sehingga kegaiatan yang dilakukan oleh guru PAUD yaitu kegiatan yang melatih kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Namun, lokasi PAUD dan kompetensi yang dimiliki guru dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di satuan PAUD. Berdasarkan permasalahan di atas dapat dilihat bahwa media yang dibutuhkan guru yaitu media konkret, sehingga bentuk solusi yang ditawarkan adalah pelatihan dan workshop dengan materi pembuatan media numerika bagi anak. Sehingga guru dapat menerapkan media pembelajaran yang sudah dibuat kepada anak dengan maksimal dan dapat menumbuhkan keaktifan anak dalam melakukan pembelajaran Metode yang digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain pretest- posttest control group design. Dilakukan dengan melakukan pengukuran (pretest) sebelum kegiatan dan (post test) dengan memberikan intervensi. Setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pendampingan dan evaluasi. Adanya program pengabdian masyarakat ini diharapkan Guru PAUD dapat memanfaatkan dan membuat media yang lebih baik untuk kedepannya untuk di terapkan kepada anak-anak agar dapat mengembangkan kognitifnya lebih maksimal serta efektif. 

Kata kunci: Numerik, Media Pembelajaran, AUD


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak. Paudia: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1), 92-105.

Idris, M. H., & Risaldy, S. (2014). Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini . Jakarta: Luxima Metro Media.

Ken, G., Pitsia, V., & Colton. (2018). Cognitive Development during Early Childhood. Insights from Families Living in Areas of Socio-Economic Disadvantage. Early Child Development and Care, 190(12), 1863-1877.

Machali, I. (2015). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. INSANIA:Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21–45.

Mudita, K. E., Suarni, K. N., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B Semester I Di Paud Pradnya Paramita Penarungan Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).

Ridyawati, R. J. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media VCD Film Kartun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5 Tahun Ke-4 2015, 1(1).

Safitri, D., Syukri, M., & Yuniarti, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JPPK:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1-17.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.