Perberdayaan Santri Pondok Pesantren Al-Amaliah Desa Cikidang-Sukabumi dalam Pengembangan Potensi Wirausaha melalui “Cipta Kantin Mini An-Najah”

Iin Suryaningsih, Sari Anggraini, Bahrul Ulum, Putri Wulandari

Abstract


Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amaliah, Desa Cikidang Sukabumi,  merupakan kelompok mitra nonprofit. Potensi wirausaha yang dimiliki oleh santri Al-Amaliah secara umum patut dikembangkan, terlebih Desa Cikidang termasuk desa dengan status ekonomi berkembang yang perlu pembinaan lebih intens agar tidak kembali kepada status desa ekonomi rendah. Kantin mini “An-Najah adalah salah satu strategi yang dibangun sebagai wadah edukasi sekaligus implementasi santri dalam menumbuhkembangkan potensi wirausahanya. Permasalahan yang ditemukan adalah belum terarahnya potensi pengembangan wirausaha santri karena kurangnya edukasi dan pendampingan tentang konsep wirausaha yang terbangun dalam pondok pesantren ini. Begitu pula terkait strategi perolehan permodalan sebagai dasar rintisan usaha yang akan dibangun sebagai solusi tim abdimas dalam upaya membangun kantin mini adalah memberikan pembinaan soft dan hard skill seputar konsep wirausaha yang bisa dibangun di kalangan santri Al-Amaliah. Pembinaan ini terdiri dari beberapa materi, di antaranya: penanaman motivasi, konsep santripreneur, dan edukasi sirkulasi barang dan pembukuan dasar. Aktivitas pendampingan ini menggunakan digital based training. Tahapan kegiatan ini di antaranya adalah persiapan, pelaksanaan program, implementasi dan monitoring dan evaluasi. Luaran dari kegiatan ini adalah perubahan pemahaman santri terhadap konsep wirausaha dan upaya pengembangan potensi wirausaha santri yang dapat diaplikasikan secara optimal dengan terbangunnya kantin mini an-Najah di lingkungan ponpes Al-Amaliah.

Kata kunci: Konsep Santripreneur, Santri berdaya, Kantin mini An-Najah Ponpes Al-Amaliah, Cikidang-Sukabumi


Full Text:

PDF

References


Abdul Mun’im, A. A. (2021). Pemberdayaan Santripreneur Melalui Produksi “D’BOX CRISPY“ di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Journal of Community Engagement, 1(2).

Ema Komalasari, D. W. (2021). Pendampingan Pengurusan P-IRT UMKM Pangan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1).

Liza Afriyanti, K. J. (2022). Pendampingan Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Mahmud, M. S. (2021). Literasi Berpikir Kreatif dan Pengenalan Program Santripreneur di Pesantren Miftahul Jannah. Warta LPM, 24(3).

Muhammad Hasyim Ibnu Abbas, H. S. (2019). SANTRIPRENEUR: Program Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Santri Pondok Pesantren melalu Pelatihan Sablon Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Rachmah, I. (2018). Pengaruh karakter spiritual dan kemandirian ekonomi santripreneur terhadap produktivitas santri di pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis.

Rahmat Fahmi, A. S. (2022). Santripreneur: Education On Empowerment Of Students Through Agribusiness Activities. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.