Penyuluhan Pentingnya Sikap Peduli Lingkungan sejak Dini di Panti Yatim Indonesia Cabang Tebet

Putri Syakina, Iin Suryaningsih

Abstract


Panti Yatim Indonesia (PYI) yang berlokasi pada kelurahan Tebet Barat, Jakarta selatan ini adalah cabang yang mengasuh anak-anak laki-laki, yang sampai dengan hari dilaksanakan pengabdian masyarakat ini, anak asuh PYI Tebet berjumlah 11 orang anak asuh.  Dalam hal pendidikan, PYI Tebet menerapkan dasar pendidikan islam yang mana 60% adalah belajar mengenai agama islam dan selebihnya ada pendidikan baca tulis berhitung sesuai kelas masing-masing anak asuh. Lalu, setelah mewawancarai salah satu stafnya, ternyata PYI Tebet kewalahan untuk pemberdayaan pendidikan disebabkan kurangnya staf. Maka dilakukan kegiatan edukasi tentang Go Green di Panti Yatim Indonesia, Tebet, Jakarta Selatan. Kegiatan ini meliputi Baca Tulis dan Berhitung, menonton kartun bertemakan Go Green, yaitu “WALL-E”, dan berkreativitas melukis di tote bag, yang bisa digunakan sebagai pengganti plastik. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran anak-anak asuh Panti Yatim Indonesia, Tebet akan pentingnya Go-green demi bumi yang lebih sehat. 

Kata kunci: Go-Green, Kreativitas, Panti, Pelestarian.


Full Text:

PDF

References


Bps.go.id. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang Dianut (Jiwa), 2019. https://jakselkota.bps.go.id/indicator/108/188/1/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-agama-yang-dianut.html

Fauzzia, Willma. (2018). Penyuluhan Gerakan Go Green Sejak Dini di SD Cipta Karya Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 1(2), 355-360.

Jakarta Selatan. (2018). Statistik Kependudukan Kota Administrasi Jakarta Selatan. https://selatan.jakarta.go.id/page-statistik-kependudukan (Diakses 25 Mei 2022)

Panti Yatim Indonesia. (2018). Asrama Panti Yatim Indonesia Tebet. https://pantiyatim.or.id/asrama-tebet/

Sinaga, L. T. (2022). Pengembangan Literasi melalui Kegiatan KODIE Mengajar pada Anak Panti Asuhan di Kota Medan. Jurnal Pengabdian Pancasila, 1(1), 13-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.