Pelatihan Pembuatan Media Literasi dari Bahan Alam pada Saung Ilmu di Desa Jampang

Nila Fitria, Suwardi Suwardi, Rizqi Maulida Amalia

Abstract


Literasi merupakan salah satu kemampuan anak dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memiliki arti yang luas, mencakup literasi sains, literasi komputer, literasi keuangan, dll. Permasalahan yang ditemukan yaitu pada saung ilmu desa Jampang belum tersedianya sarana peningkatan literasi dan belum tersedianya Lembaga PAUD di Desa Jampang sebagai salah satu sumber belajar anak untuk menstimulasi literasi. Oleh karena itu, anak-anak usia dini belum dapat mengoptimalkan perkembangannya di masa golden age. Solusi yang ditawarkan yaitu pelatihan pembuatan media literasi guna memaksimalkan fungsi pada saung ilmu di Desa Jampang sebagai tempat membaca buku dan belajar. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan, workshop, dan pendampingan kepada orang tua di desa Jampang. Penyuluhan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua di sekitar desa Jampang terkait pentingnya masa anak usia dini. Workshop dilakukan kepada orang tua untuk dapat membuat sendiri media literasi dari bahan alam sekitar dan menstimulasi kepada anak-anak. Pendampingan dilakukan untuk mengamati kebermanfaatan media literasi dalam mengoptimalkan perkembangan anak.  

Kata kunci: Anak Usia Dini, Media, Literasi,


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi. DINAMIKA: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49-57.

Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 23-30.

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892-899.

Marwany, & Kurniawan, H. (2020). endidikan Literasi Anak Usia DIni: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Berpikir, dan Menulis Berpikir Anak. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Rohde, L. (2015). The Comprehensive Emergent Literacy Model: Early Literacy in Context. SAGE Open, 1-11.

Sari, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2). 37-45.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.