Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital pada Orang Tua di Desa Pasirtanjung, Tanjungsari, Bogor

Ernita Zakiah, Zarina Akbar, Mauna Mauna

Abstract


Era digital yang berkembang pesat membuat berbagai aktivitas kehidupan menjadi lebih mudah, salah satunya dengan penggunaan media digital seperti gawai. Selain bermanfaat, penggunaan gawai juga memiliki risiko yang negatif, terutama bagi anak-anak. Dampak negatif di antaranya yaitu pribadi anak menjadi tertutup, mudah menirukan adegan berbahaya, serta kecanduan bermain permainan. Paparan terhadap dunia digital juga dirasakan oleh orang tua di Desa Pasirtanjung. Mereka mengungkapkan kesulitan mengasuh anak di era digital. Tidak jarang orang tua belum memiliki pemahaman pentingnya pengasuhan positif dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak di era digital. Maka, hal ini cukup penting untuk dilakukan program psikoedukasi kepada orangtua tentang upaya peningkatan kualitas pengasuhan orangtua terhadap anak melalui metode pengasuhan positif orang tua pada era digital di Desa Pasirtanjung, Kabupaten Bogor. Dengan dilakukannya program psikoedukasi ini, orang tua memiliki wadah dan ruang untuk memahami tentang pengasuhan positif di era digital, serta berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang pengasuhan anak sehari-hari. Program psikoedukasi ini mengajarkan tentang pengasuhan positif, penerapan dan cara-cara yang tepat untuk melakukan pengasuhan positif di era digital, serta manfaatnya dengan dibantu pemberian media leaflet, pengisian tes, dan poster. 

Kata kunci: Era digital, Kesadaran pengasuhan anak, Pengasuhan positif


Full Text:

PDF

References


Eka Damayanti, A. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital Melalui Ceramah Berbasis Multimedia. Jurnal Perempuan dan Anak, 5(1), 36-59.

Layyinatus Syifa, E. S. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Mubarok, P. P. (2016). Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1).35-50.

Munisa, M. (2018). Peningkatan Program Orang Tua dalam Menumbuhkan Parenting Positive di PAUD Al-Ummah Deli Tua. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 11(2), 165-172.

Putri Miranti, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1). 58-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.