Pelatihan Penentuan Harga Produk dan Pencatatan Keuangan Berbasis Teknologi pada UMKM Cafe Lore Omah

Nurlita Novianti, Novianti Mukti Wibowo

Abstract


Pada tahun 2020, Bappenas menyatakan bahwa pandemi covid-19 telah memaksa UMKM mengalami masalah serius terutama terkait dengan keuangan dan permintaan penjualan. Minimnya fasilitas, sumber daya manusia dan modal turut menambah beban risiko bagi UMKM pada era pandemi. Permasalahan yang dihadapi UMKM Cafe Lore Omah sejalan dengan riset Bappenas. Masalah keuangan seperti penentuan harga pokok penjualan hingga kebutuhan perbaikan sarana prasarana UMKM membutuhkan lebih banyak modal, sementara salah satu syarat untuk bisa mendapatkan pembiayaan memerlukan adanya laporan keuangan. Pada kesempatan ini, tim pengabdian masyarakat FEB UB menawarkan solusi berupa penyusunan catatan keuangan berbasis teknologi dengan menggunakan program MS Excel yang dikombinasikan dengan teknologi Cloud Computing. Metode pengabdian ini menggunakan konsep Service Learning dengan sistem pelaksanaan kegiatan dalam bentuk daring dan luring. Tahapan pelaksanaan pengabdian dimulai dari tahap investigasi lalu berlanjut ke tahapan persiapan dan tindakan hingga diakhiri dengan tahap refleksi. Tiga output penting yang dihasilkan dari program ini yaitu berupa hasil perhitungan harga produk, catatan keuangan berbasis MS Excel dengan teknologi cloud computing, dan laporan keuangan. Di samping itu, manajemen UMKM mitra juga mendapatkan pemahaman mengenai beberapa hal, seperti cara membangun pengendalian internal, pengajuan dana usaha hingga pembuatan kebijakan akuntansi yang sesuai.

Kata kunci: Pengabdian Masyarakat, Penyusunan Laporan Keuangan, Service Learning, UMKM


Full Text:

PDF

References


Nainggolan, E. U. (2022, Juli 2 ). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Purwanti Dyah Pramanik, M. A. (2021). Media Belajar Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning. urnal Pengabdian Masyarakat (Pemberdayaan, Inovasi, dan Perubahan), 1(3), 1-11.

Reza. (2021, Juni 21 ). Pentingnya Digitalisasi UMKM di Kota Kecil untuk Menjaga Ekosistem Perekonomian. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4679060/pentingnya-digitalisasi-umkm-di-kota-kecil-untuk-menjaga-ekosistem-perekonomian.

Soenarso, S. A. (2022, Juli 20). Begini Upaya UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. . Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/begini-upaya-umkm-bertahan-di-tengah-pandemi-covid-19




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.