Kegiatan Social Empowerment Mahasiswa Beasiswa dengan Pembekalan Mengenai Microsoft Office Untuk Eksplorasi Diri di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra

Rifa Lulu Salsabila, Ahmad Fadillah, Caesha Salsabila, Amalia Nur Hasanah, Iin Suryaningsih, Cut Riska Arista, Fabiola Yolanda Elizabeth, Maulizidya Zahra, Nurwinda Wahyuningsih, Rendyca Syahrul Mukkarom, Saufa Tahsunien Udjma, Uut Fita Rahayu

Abstract


Pada era industri 4.0 semua hal di dunia ini menggunakan alat-alat digital. Microsoft office adalah salah satu alat digital yang dengannya orang tidak perlu menulis menggunakan pulpen maupun pensil untuk membuat sebuah surat atau ringkasan, dan Microsoft office pada era industri 4.0 ini juga digunakan untuk kegiatan belajar oleh siswa maupun mahasiswa. Oleh karena itu, kami selaku Mahasiswa Beasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia melakukan program Social Empowerment dengan pembekalan mengenai Microsoft office, tepatnya power point dan excel, yang dilaksanakan di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra. Kegiatan ini memiliki berbagai rangkaian acara yang mampu membuat anak-anak di Panti Asuhan memiliki wawasan yang lebih luas mengenai Power Point dan Excel. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Dengan berbagi ilmu, kami sangat berharap memberikan manfaat kepada anak-anak di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa anak-anak di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra memiliki antusiasme belajar yang sangat tinggi, tetapi mereka memiliki keterbatasan biaya untuk fasilitas seperti komputer ataupun laptop. Namun, segala keterbatasan tersebut tidak membuat anak-anak menjadi putus semangat.

Kata Kunci: Industri 4.0, Microsoft office, Social empowerment


Full Text:

PDF

References


Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point pada sistem Koordinat Kartesius. Journal of Islamic Civilization and Thought, 16(1).

Chen, Y.-T. (2012). Integrating anchored instructional strategy and modularity concept into Interactive multimedia PowerPoint presentation. International Journal of Physical Sciences, 7(1), 107-115.

Dede Misbahudin, C. R. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48.

Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Putri Sukma Dewi, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.