Pemanfaatan Media Sosial Antenatal Care Terpadu sebagai Tools KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pada Puskesmas Purwokerto Utara II

Prita Suci Nurcandrani, Yusyida Munsaidah, Pundra Rengga Andhita, Ayu May Lisa

Abstract


Kebutuhan informasi mengenai Antenatal Care (ANC) atau Pemeriksaan Kehamilan yang cepat, akurat, dan mudah diakses semakin dibutuhkan oleh ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sedini mungkin di Puskesmas. Media teknologi informasi yang sudah digunakan oleh Puskesmas, bidan, dan ibu hamil adalah Instagram, namun pengelolaannya dalam memberikan informasi dan edukasi mengenai program ANC belum optimal. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengedukasi ibu hamil mengenai program ANC Terpadu serta meningkatkan pengelolaan media sosial Instagram di Puskesmas Purwokerto Utara II dalam mengampanyekan program ANC. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pemeriksaan kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil menjadi lebih peduli terhadap kehamilannya dengan memaksimalkan penggunaan fitur Instagram, seperti tampilan unggahan (feeds), caption, hashtag, reels dan fitur kolaborasi akun. Selain itu, waktu posting juga penting dalam pengelolaan Instagram untuk menaikkan engagement.

Kata kunci: ANC, Instagram, Media Sosial, Puskesmas


Full Text:

PDF

References


Clark F. Greer, D. A. (2017). The local TV station as an organizational self: Promoting corporate image via Instagram. International Journal on Media Management, 19(4), 282–297.

DeVito, J. (2013). The Interpersonal Communication Book. Boston: PEARSON.

Dewi Damayanti, E. N. (2017). Corporate Branding Coworking Place in Bandung (Corporate Branding Coworking Space Di Bandung). Jurnal Educational Technology, 16(2), p. 122.

Edward E. Jones, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic self-presentation’, Psychological perspectives on the self. Psychological Perspectives on the Self, pp. 230–262.

Mary Jo Hatch, M. S. (2007). Taking brand initiative : how companies can align strategy, culture,and indetity through corporate branding. San Fransisco: Market Streets.

Ni Ketut Citrawati, I. G. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anc Terhadap Kunjungan Anc Di Puskesmas Tampaksiring II. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 8(2).

Noar, S. M. (2018). Perceived Message Effectiveness Measures in Tobacco Education Campaigns: A Systematic Review. Communication Methods and Measures, 1–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.