Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif

Nanda Lailatul Qadriani, Sri Hartati, Anitasa Dewi

Abstract


Pandemi Covid-19 yang menyebabkan transformasi pembelajaran luring menjadi daring menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Berbagai aplikasi dan media online menjadi semakin populer untuk dijadikan media pembelajaran, diantaranya adalah Youtube dan Edpuzzle yang dapat dijadikan platform penunjang pembelajaran dengan media video yang interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan Youtube dan Edpuzzle agar dapat menjadi referensi media pembelajaran di kelas daring. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMA/Sederajat Wilayah Sudin I dan II Jakarta Pusat dan guru-guru MGMP Bahasa Mandarin di Jabodetabek. Pelaksanaan abdimas ini menggunakan metode ceramah untuk penyampaian materi dan praktik langsung perancangan video pembelajaran dengan Edpuzzle. Hasil dari kegiatan abdimas ini adalah guru-guru dapat membuat video pembelajaran Edpuzzle, mereka merasa pelatihan ini sangat bermanfaat dan akan menerapkannya dalam pembelajaran mata pelajaran yang mereka ampu

Kata kunci: Youtube, Edpuzzle, Media pembelajaran daring, Video interaktif


Full Text:

PDF

References


Iskandarwassid. Suhendar, Dadang. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa (p.9), Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, R. T. (2020). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91-94.

裴洋. (2013). 远程网络技术在对外汉语教学中的应用研究. 吉林大学, 长春.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (p.186). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan WhatsApp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.

苏娟. (2020). 海外远程汉字教学模式分析. 现代交际. vol 21.p 174-176.

Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2021, February). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Website Edpuzzle: edpuzzle.com

Website Youtube: youtube.com

Yohanes Enggar Harususilo. Webinar Gratis Guru: Belajar Online Menyenangkan dengan EdPuzzle diakses dari Kompas.com (https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/01/103352971/webinar-gratis-guru-belajar-online-menyenangkan-dengan-edpuzzle?page=all).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats