Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dan Bermakna Untuk Anak Usia Dini Dengan Sentuhan Kearifan Lokal

Silvie Mil(1*), Desi Nurillah(2), Cici Yulia(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Lebak Muncang merupakan desa wisata di kawasan Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat yang terkenal akan kekayaan kearifan lokal, budaya, tradisi dan nilai-nilai karakter positive yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah. RA Birrul Walidai, sebuah Taman Kanak-Kanak di daerah tersebut, berfokus pada pendidikan anak usia dini khususnya dalam membaca, menulis dan berhitung. Hasil analisis situasi dan kebutuhan mengidentifikasikan perlunya peningkatan pengetahuan guru tentang bagaimana menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru PAUD di Desa Lebak Muncang dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak yang terintegrasi kearifan lokal melalui penyelenggaraan kegiatan pelatihan. Kegiatan diikuti oleh 6 orang peserta, terdiri dari kepala sekolah, guru. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan dan konsultasi dengan narasumber yang kompeten bidang pendidikan anak usia dini dan psikologi. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan peserta dari 80% (pre-test) mencapai 85% (post-test) dengan tingkat kepuasan peserta mencapai 96%. Semua peserta dapat memahami materi yang disampaikan narasumber dengan baik dan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Diharapkan setelah kegiatan ini dilaksanakan, kepala sekolah dan guru-guru RA Birrul Walidain dapat mengimplementasikannya di kelas dan anak-anak dapat lebih menikmati proses belajar dengan menyenangkan.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Guru, Kearifan Lokal, Pembelajaran Yang Menyenangkan, Taman Kanak-Kanak.


Full Text:

PDF

References


Ali, S. R., & Mukhtar, F. (2017). A case study of fun learning with numeracy of preschoolers. Southeast Asia Early Childhood Journal, 6, 51–58. https://doi.org/10.37134/saecj.vol6.6.2017

Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.340

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462

Kemendikbudristek. (2023). Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Anak dengan Kurikulum Merdeka.

Khotimah, H., Nurseha, N., Pertasari, R. M. Y., Subagio, S. U., & Trikawati, T. (2023). Penguatan Keanekaragaman Pangan berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Mencegah Stunting pada Balita. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 925–933. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.558

Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10.

Lestariningrum, A., Rukmana Sari, A. T., Khan, R. I., Wan, R., & Puriarantika.S, V. (2022). Pelatihan Gerak Tari Berbasis Kearifan Lokal Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(2), 56–61. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i2.100

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Mardiana, R., & Hidayat, W. (2018). Implementasi Pembelajaran Sains yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 89–98.

Mil, S., & Praptiningsih, N. A. (2022). Penyusunan Laporan Perkembangan Anak yang Representatif dan Otentik Bagi Guru TK di Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 211–220. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.11913

Mil, S., & Wibawati, K. A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24 Kayu Putih, Jakarta Timur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 387–400.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Parker, R., & Thomsen, B. S. (2019). Learning through play at school: A study of playful integrated pedagogies that foster children’s holistic skills development in the primary school classroom. LEGO Foundation.

Parker, Rachel, Thomsen, B. S., & Berry, A. (2022). Learning Through Play at School – A Framework for Policy and Practice. Frontiers in Education, 7(February), 1–12. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.751801

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Tematik Terpadu. Kencana.

Puspita, Y. P. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257

Rahmawati, M., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802

Rohita, & Fitria, N. (2019). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelaja-. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 01(01), 22–32.

Roostin, E., & Swandhina, M. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dengan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam. Teknodika, 17(2), 39. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.34996

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Soleha, I. M., Normaida, N., Fitrina, R., Sabarun, S., Mulyadi, M., & Mahmudi, M. A. A. (2024). Pendampingan Belajar Membaca dan Menulis bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Kameloh Baru Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(2), 85. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2605

Suarningsih, N. . (2019). Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116

Wagiran. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju Tahun 2025.

Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i2.4062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats