Peningkatan Kualitas Pengajaran Guru melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking di Pesantren JMC Pagelaran
Abstract
Abstrak
Yayasan Pesantren Jam’iyyatul Mubtadi Cibayawak (JMC), Pagelaran Banten merupakan yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan. JMC Pagelaran mempunyai beberapa unit pendidikan, yaitu PAUD, SMP dan MA. Permasalahan yang dihadapai JMC Pagelaran adalah masih kurangnya kualitas pengajaran guru, khsusnya dalam penerpan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thnking Skills) dan penggunaan media ajar berbasis digital. Hal ini disebabkan masih kurangnya penguasan IT guru, masih kurangnya sarana dan prasarna penunjang pembelajaran berbasis digital serta masih kurangnya pengetahuan guru mengenai metode pengajaran. Permasalahan lainnya yang juga menjadi penyebab utama adalah masih kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan komptensi pengajaran dan mencoba hal baru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dengan peningkatan kemampuan HOTS melalui pembelajaran berbasis Computational Thnking, penguasaan IT dalam pengembangan media ajar dan tentunya peningkatan motivasi guru. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan ,sharing, pelatihan dan praktek pembuatan media ajar berbasis Computational Thinking dan diikuti oleh 26 guru. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi guru dari 50% menjadi 81%, peningkatan penguasaan IT dari 19% menjadi 78% dan peningkatan kualitas pengajaran dari 48% menjadi 82%.
Kata kunci: Computational Thinking, Edukasi, HOTS, Media Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Citradevi, C. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8, 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 193. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118Hasibuan, M.S.P. (2007). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktifitas. Bumi Aksara.
Hermawan, D., Safitri, R., & Rahmatia, S. (2024). Pelatihan Computational Thinking bagi Guru SMA Islam Terpadu Pesantren Nurrurrahman Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 1(1), 178. https://doi.org/10.36722/psn.v1i1.3268
Jeannette, M. Wing. (2006). Computational Thinking. Communication of The ACM, 443, 33–35. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/1118178.1118215
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny, L. (2022). Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Meteri Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079
Ryan, R., & Deci, E. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. The American Psychologist, 55, 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Safitri, R., Jamal, A., Rahmatia, S., Hermawan, D., & Nashihin, M. I. (2024). Peningkatan Kompetensi Higher Order Thinking Skills Guru Yayasan Pesantren Jam’iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(3), 182. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i3.2616
Schunk, D., & Dibenedetto, M. (2020). Self-efficacy and human motivation. In Advances in Motivation Science. https://doi.org/10.1016/bs.adms.2020.10.001
Stirling, D. (2013). Motivation in Education. Aichi Universities English Education Research Journal, 29, 51–72.
Surtiyani, S. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Melalui Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36–52. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/15
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: learning objectives. In Education for Sustainable Development Goals: learning objectives. https://doi.org/10.54675/cgba9153
Wu, T. T., Asmara, A., Huang, Y. M., & Permata Hapsari, I. (2024). Identification of Problem-Solving Techniques in Computational Thinking Studies: Systematic Literature Review. SAGE Open, 14(2), 1–20. https://doi.org/10.1177/21582440241249897
Youjun, T., & Xiaomei, M. (2022). Computational thinking: A mediation tool and higher-order thinking for linking EFL grammar knowledge with competency. Thinking Skills and Creativity, 46, 101143. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101143
Zaharin, N. L., Sharif, S., & Mariappan, M. (2018). Computational Thinking: A Strategy for Developing Problem Solving Skills and Higher Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8, 1265–1278. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i10/5297
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i2.3653
Refbacks
- There are currently no refbacks.