Pemanfaatan Microsoft PowerPoint: Upaya Peningkatan Kapasitas Guru PAUD dalam Membuat Games Baca Tulis Hitung

Rohita Rohita, Nurfadilah Nurfadilah, Suwardi Suwardi, Niken Ariasih Damayanti

Abstract


Setiap pendidik dituntut untuk dapat menguasai teknologi dan dapat menghadirkannya dalam pembelajaran, termasuk teknologi untuk mengenalkan anak dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Akan tetapi kemampuan tersebut belum dapat dihadirkan oleh guru-guru PAUD yang berada di Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan. Adanya keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dari pendidik serta kurangnya pelatihan pemanfaatan teknologi, menjadi faktor ketidakhadiran media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Untuk itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat akan difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pemanfaatan microsoft powerpoint dalam membuat media pembelajaran calistung untuk anak usia prasekolah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, penugasan, pendampingan, presentasi dan evaluasi, serta keberlanjutan yang dilakukan dengan menyediakan materi mengenai tahapan penggunaan fitur-fitur dalam microsoft powerpoint. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Mitra terlibat dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil analisis dari lima games yang dihasilkan oleh 11 guru dalam 5 kelompok terlihat bahwa hasil karya tersebut telah memenuhi  unsur-unsur penilaian yaitu kesesuaian konten terkait kemampuan membaca, menulis, dan berhitung serta terkait penggunaan fitur-fitur di dalam microsoft powerpoint untuk membuat games. Sehingga dapat disimpulkan bahwa microsoft powerpoint dapat meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam membuat games calistung.

Kata Kunci: Berhitung, Kapasitas Guru, Membaca, Menulis, Permainan Edukatif.


Full Text:

PDF

References


Becta. A Review Of The Research Literature On Barriers To The Uptake of ICT by Teachers. , https://www.becta.org.uk/ § (2004).

Blumberg, F. C., Deater‐Deckard, K., Calvert, S. L., Flynn, R. M., Green, C. S., Arnold, D., & Brooks, P. J. (2019). Digital Games as a Context for Children’s Cognitive Development: Research Recommendations and Policy Considerations. Social Policy Report, 32(1), 1–33. https://doi.org/10.1002/sop2.3

Evans, D. K. (2021). Education Technology for Effective Teachers. Education Technology for Effective Teachers, (February). https://doi.org/10.1596/35079

Fitri, Z. Z. (2023). Implementasi Media PowerPoint dalam Mengembangakan Kemampuan Mengenal Angka dan Huruf. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 156–167. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1981

Hatos, A., Lacrimioara, C. M., & Clipa, O. (2022). The importance of teacher training from the digital skills ‘ perspective.

Lestari, D. P. (2023). Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD (Misconceptions of Reading, Writing and Counting (Calistung) at the Early Childhood Education Level). Journal Of Early Childhood Education And Research, 4(1), 1.

Media, C. S. (2017). The Common Sense Census: Media Use By Kids Age Zero to Eight. In Common Sense. San Fransisco. https://doi.org/10.1163/9789004250901_013

Nisa’, T. F., & Suhermanto, F. (2014). Pengaruh Pemberian Motivasi Terhadap Prestasi Belajar AUD Dalam Education Golden Garden For Children. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 76–146.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1), 14–22.

Rohita, Fitria, N., & Haryadi, D. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (AP3) dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran bagi Guru Taman Kanak-kanak di Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 644–654. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10168

Rohita, R. (2020). The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 502. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831

Wulandari, H., Azizah, H. A., Indonesia, U. P., & Barat, J. (2023). Penerapan calistung di paud. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 7(1), 11–21.

Zainah, I. R. (2019). “Efektifitas Metode Funcalistung Dalam Menumbuhkan Minat dan Kegemaran Mengenal Huruf Dan Angka (Studi Kualitatif Di Kelompok B TK Cahaya Indonesia Cimahi )”. Idea : Jurnal Humaniora, 204–217. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4979




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i1.3579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats