Pelatihan Pembuatan Produk Pempek Frozen dan Digital Marketing pada Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bekasi
Abstract
Pempek merupakan makanan tradisional Palembang yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan dapat dikembangkan menjadi peluang usaha. Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi memiliki potensi dalam pengembangan ini karena terdapat kelompok keterampilan tata boga yang menghasilkan berbagai produk pangan salah satunya pempek. Namun, pempek yang dihasilkan termasuk pempek pangan siap saji dengan umur simpan pendek dan pemasarannya masih terbatas di dalam lapas. Warga binaan dan petugas lapas belum memiliki keterampilan pembuatan pempek frozen dan digital marketing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga binaan dan petugas lapas tentang pembuatan produk pempek frozen dan pemasaran secara digital. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 minggu dengan jumlah peserta 20 orang yang terdiri dari 15 warga binaan dan 5 petugas lapas. Metode pelaksanaan terdiri dari (1) pelatihan dan praktik pembuatan pempek frozen meliputi pembuatan produk, pengemasan vakum dan pembuatan label kemasan, (2) pelatihan digital marketing, dan (3) evaluasi dengan pre-test dan post-test dengan rerata peningkatan sebesar 24,92%. Warga binaan mampu membuat pempek frozen yang dikemas vakum, label kemasan dengan desain yang menarik dan sesuai aturan serta mampu membuat foto produk yang menarik dan katalog produk sebagai media promosi digital.
Full Text:
PDFReferences
Alhanannasir, A., Dasir, D., & Belasanjaya, D. (2018). Karakteristik Fisik, Aroma Dan Protein Pempek Lenjer Dengan Metode Frekuensi Pencucian Air Es. The 8th University Research Colloquium 2018, 8, 135–143.
BPOM. (2021). Pedoman-Cara-Pengolahan-dan-Penanganan-Pangan-Olahan-Beku-Yang-Baik. Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.
Evans, J. A. . (2008). Frozen food science and technology. Blackwell Pub.
Ijomah, T. I., Idemudia, C., Eyo-Udo, N. L., & Anjorin, K. F. (2024). Innovative digital marketing strategies for SMEs: Driving competitive advantage and sustainable growth. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 6(7), 2173–2188. https://doi.org/10.51594/ijmer.v6i7.1265
Krisnawan, A. H., Sumartha, I. G. A., & Amriel, E. E. Y. (2023). Pemberdayaan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Dalam Pemanfaatan Potensi Bunga Melati Untuk Produk Aromaterapi. (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5607. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17837
Kusuma, R. D., Sutjipto, S. S. U., Sujana, S., & Maretha, H. A. (2020). Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 233–240.
Laksmana, D. S., & Setyawan, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Sosial Sebagai Media Promosi UMKM Era New Normal di Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Buletin Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.12016
Midayanto, D. N., & Yuwono, S. S. (2014). Penentuan Atribut Mutu Tekstur Tahu Untuk Direkomendasikan Sebagai Syarat Tambahan Dalam Standar Nasional Indonesia. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 2(4), 259–267.
Mustika, S., Tiara, A., & Corliana, T. (2021). Pelatihan Membuat Konten Promosi di Media Sosial bagi UMKM Mitra Masjid. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(2), 59. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i2.644
Nafiah, A., Sutadji, E., & Nurmalasari, R. (2020). Pembinaan Keterampilan Untuk Meningkatkan Skill Narapidana Pemasyarakatan Kelas 1 Malang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Graha Pengabdian, 2.
Puspa, W., & Astuti, D. (2024). Implementation of Digital Marketing Through Product Copywriting On CV Lozy Hijab Implementasi Pemasaran Digital Melalui Copywriting Produk Pada CV Lozy Hijab. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Romado, M. G., & Subroto, M. (2022). Pelaksanaan Pemberian Program Integrasi Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Guna Memenuhi Hak Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8875–8880.
Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susetyo, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 76–85.
Syafitri, S. K., Maharani, S. C., Elmatina, S., Mokoagow, K. A. S. O. P., Amalia, J., & Azis, L. (2024). Pemberdayaan Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bekasi Melalui Kegiatan Pengolahan Sampah sebagai Media Budidaya Maggot Alternatif Pakan Lele. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(3), 151. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i3.3062
Utami, A. R., Ratnasari, K., & Fahririn, F. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi Digital Dan Qris Pada Umkm Womenprenuer Bogor. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2351–2357.
Utami, A. R., & Widiati, E. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner Bogor. Business Management Journal, 19(2), 199–208. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i2.4714
Wangkanusa, R. (2017). Perlindungan HAM Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. 5(2).
Widiati, E., Utami, A. R., Ratnasari, K., & Nasution, E. S. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Pada UMKM Womenpreneur di Pantai Carita, Banten. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5(2), 200–207. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1724
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i1.3397
Refbacks
- There are currently no refbacks.